Alhamdulillah, saat ini umat Islam sedunia telah memasuki bulan Dzulhijjah, salah satu bulan mulia di penanggalan Hijriah. Di bulan Dzulhijjah, umat Islam akan merayakan salah satu dari dua hari raya, yaitu Hari Raya Iedul Adha atau dikenal juga dengan sebutan Hari Raya Kurban atau Lebaran Haji. Lalu, apa sajakah amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan di bulan mulia ini? Berikut 5 amalan utama di bulan Dzulhijjah.

1. Berpuasa

Amalan pertama dari 5 amalan utama di bulan Dzulhijjah yang dianjurkan untuk dilakukan adalah berpuasa. Di bulan ini, kaum muslimin disunnahkan untuk berpuasa, mulai dari tanggal 1 hingga 9 Dzulhijjah dan puasa di 9 Dzulhijjah inilah yang paling dianjurkan. Amalan ini sesuai dengan perintah Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam yang menganjurkan umatnya beramal sholeh di bulan ini dan puasa merupakan salah satu amalan sholeh yang terbaik.

Dari Abu Qatadah radliallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

…puasa hari arafah, saya berharap kepada Allah agar menjadikan puasa ini sebagai penebus (dosa, pen.) satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya..” (HR. Ahmad dan Muslim).

Dari Ummul Mukminin, Hafshah radliallahu ‘anha, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan puasa asyura, sembilan hari pertama Dzulhijjah, dan tiga hari tiap bulan. (HR. An Nasa’i, Abu Daud, Ahmad, dan disahihkan Al-Albani).

Pilihan Editor:

2. Bertakbir dan Berdzikir

Amalan berikutnya adalah anjuran memperbanyak melakukan takbir, tahlil, tahmid, tasbih, istighfar, serta memperbanyak doa dan bertobat. Selain itu, disunnahkan untuk mengangkat tangan dan mengeraskan bacaan ketika bertakbir di jalan, masjid, pasar, dan tempat-tempat umum lainnya.

Amalan saleh yang dianjurkan  adalah bertakbir, bertahlil, bertasbih, bertahmid, beristighfar, dan memperbanyak do’a. Disunnahkan bagi laki-laki untuk mengangkat (mengeraskan) suara ketika bertakbir di pasar, di jalan, di masjid dan tempat-tempat lainnya.

Takbir yang dianjurkan di atas merupakan takbir muthlaq (yaitu takbir yang tidak  dikaitkan dengan waktu tertentu). Bagi mereka yang  tidak berhaji, takbir ini dianjurkan  dilakukan mulai dari shalat Shubuh pada hari ‘Arofah (9 Dzulhijah) hingga waktu ‘Ashar pada hari tasyriq yang terakhir. sementara itu,  bagi mereka yang berhaji, takbir ini  mulai dilakukan dari shalat Zhuhur hari Nahr (10 Dzulhijah) hingga hari tasyriq yang terakhir. Adapun ucapan saat bertakbir adalah Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa ilaha illallah, Wallahu Akbar, Allahu Akbar, Walillahil Hamd.

3. Memperbanyak Amalan Saleh

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma  yang artinya,

Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai  Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzulhijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya, tetapi tidak ada yang kembali satu pun.“ (HR. Abu Daud, At Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)

Hadits di atas menjadi dalil dianjurkannya mengerjakan sebanyak-banyaknya amalan saleh di  bulan ini. Amalan soleh yang dapat dilakukan seperti shalat, membaca Al Quran, bertobat,  bersedekah, dan sebagainya.

Pilihan Editor:

3. Berkurban

Berkurban merupakan ajaran yang berasal dari Nabi Ibrahim ‘alaihis salam. Ibadah kurban diperintahkan bagi yang mampu dan pelaksanaannya  dikerjakan pada hari  Nahr (10 Dzulhijah) dan pada hari-hari tasyriq (11, 12, dan 13 Dzulhijjah).

Perintah berkurban berdasarkan perintah Allah Subhanahu wata’ala.

“Laksanakanlah salat untuk Rab-mu dan sembelihlah kurban. (QS. Al-Kautsar: 2).

Bagi umat Islam yang akan berkurban terdapat larangan  memotong kuku dan  rambutnya. Larangan ini berlaku sejak  masuk tanggal 1 Dzulhijjah sampai ia memotong hewan kurbannya.

Dari Umu salamah radliallahu ‘anha, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau bersabda,

“Barang siapa yang memiliki hewan yang hendak dia sembelih (di hari raya), jika sudah masuk tanggal 1 Dzulhijjah maka janganlah dia memotong rambut dan kukunya sedikit pun, sampai dia menyembelih hewan kurbannya.” (HR. Muslim).

4. Mengerjakan Shalat Idul Adha

Di bulan Dzulhijjah terdapat satu hari raya umat Islam, yaitu Hari Raya Idul Adha. Sebagaimana Hari Raya Idul Fithri, di hari ini umat Islam juga mengerjakan shalat di hari raya tersebut.

Dari Anas bin Malik radliallahu ‘anhu, beliau mengatakan,.

Bahwa ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tiba di Madinah, masyarakat Madinah memiliki dua hari yang mereka rayakan dengan bermain. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Dua hari apakah ini?” Mereka menjawab, “Kami merayakannya dengan bermain di dua hari ini ketika zaman jahiliyah. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah telah memberikan ganti kepada kalian dengan dua hari yang lebih baik: Idul Fitri dan Idul Adha.” (HR. An-Nasa’i, Abu Daud, dan Ahmad).

Pilihan Editor:

5. Mengerjakan Haji dan Umroh

Ibadah haji merupakan rukun Islam yang kelima, yang wajib dikerjakan bagi yang mampu. Hal ini menunjukkan keutamaan mengerjakan ibadah tersebut, termasuk menjadi ibadah yang paling utama dilakukan di bulan Dzulhijjah.

Sebagai ibadah yang sangat agung, tentu saja ibadah haji memiliki banyak keutamaan sebagaimana  disebutkan dalam Al Qur’an maupun As Sunnah.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya, “Amalan apa yang paling afdhol?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.” Ada yang bertanya lagi, “Kemudian apa lagi?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Jihad di jalan Allah.” Ada yang bertanya kembali, “Kemudian apa lagi?” “Haji mabrur”, jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (HR. Bukhari)

Demikian 5 amalan saleh yang sangat dianjurkan di bulan Dzulhijjah. Semoga kita dimudahkan untuk melakukan amalan-amalan tersebut dan mendapatkan keutamaan di bulan mulia ini. Aamiin.

Sumber Tulisan:

www.rumaysho.com

konsultasi syariah


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here