Sahabat baetunaa ada yang sedang hamil? Masya Allah, kehamilan memang merupakan masa yang sangat membahagiakan, apalagi bagi pasangan yang telah lama menanti sang buah hati. Selama masa kehamilan, Sahabat harus senantiasa mengonsumsi makanan yang bergizi agar kelak ibu dan sang bayi lahir dengan selamat. Meski buah-buahan termasuk salah satu jenis makanan yang dianjurkan, tetapi tidak semua aman dikonsumsi ibu hami. Apa sajakah itu? Nah, berikut ini 5 buah yang sebaiknya dihindari ibu hamil.

1. Nanas

Salah satu dari 5 buah yang sebaiknya dihindari ibu hamil adalah nanas. Nanas termasuk buah yang kaya akan vitamin C. Dalam  penyajiannya, nanas sering dibuat sebagai campuran rujak, salad, jus, maupun puding. Rasanya dijamin segar.

Namun, nanas ternyata tidak aman jika dikonsumsi wanita hamil, terutama yang sedang hamil muda. Hal ini dikarenakan kandungan  bromelain yang ada pada nanas. Kandungan ini  bisa membuat leher rahim menjadi lebih lunak sehingga dapat memicu gangguan kehamilan, mulai dari keguguran  hingga persalinan dini.

Pilihan Editor:

2. Pepaya Muda

Pepaya merupakan buah yang banyak terdapat di Indonesia. Meski harganya cukup murah serta mudah didapat, buah ini kaya akan manfaat, baik bagi kesehatan maupun kecantikan.

Sebenarnya, pepaya aman dikonsumsi ibu hamil. Namun, pastikan kalau pepaya tersebut telah matang sempurna. Ibu hamil sebaiknya menghindari mengonsumsi pepaya yang masih mentah atau setengah matang. Pepaya muda mengandung getah dan  zat aktif papain yang bisa menganggu pertumbuhan janin, bahkan bisa menyebabkan terjadinya keguguran.

3. Anggur

Ibu yang sedang hamil sebaiknya tidak mengonsumsi buah anggur terlalu banyak. Hal ini dikarenakan tingginya kadar resveratrol yang bisa menyebabkan keracunan pada ibu hamil. Dikhawatirkan, sistem pencernaan ibu hamil yang sedang lemah tidak akan mampu mencerna kulit anggur hitam serta sifat asam pada anggur juga berpotensi menyebabkan diare atau gangguan pencernaan. Dampak yang lain adalah dapat mengganggu pertumbuhan, bahkan keselamatan janin.

Pilihan Editor:

4. Nangka

Buah berikutnya dari 5 buah yang sebaiknya dihindari ibu hamil adalah nangka. Sebenarnya, nangka boleh saja dikonsumsi ibu hamil. Bahkan, salah satu manfaatnya adalah dapat menguatkan tulang ibu hamil. Namun, buah ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena nangka mengandung gas, alkohol, glukosa, serta kolesterol bisa membawa dampak yang tidak diinginkan. Beberapa dampak yang bisa timbul akibat mengonsumsi nangka secara berlebihan adalah alergi,  gangguan pencernaan, meningkatkan risiko koagulasi darah atau pembekuan darah dalam tubuh bagi penderita gangguan darah, meningkatkan kadar gula darah serta dapat menyebabkan perut kembung sehingga memicu terjadinya konstraksi rahim, terutama pada trimester pertama.

Pilihan Editor:

5. Durian

Durian merupakan buah yang banyak digemari orang. Rasanya yang nikmat membuat buah ini dijuluki sebagai rajanya buah. Tak heran, bila musim durian merupakan momen yang sangat dinanti-nantikan para penggemar buah berduri ini.

Sayangnya, kelezatan buah ini untuk sementara waktu sebaiknya dihindari oleh ibu hamil, meski tidak berarti dilarang sama sekali. Namun, berhati-hatilah saat mengonsumsinya karena buah ini mengandung  asam arachidonat dan alkohol yang berbahaya bagi kehamilan, mulai dari memicu rasa mual dan muntah, perut menjadi panas, berat badan bayi  yang terlalu rendah, hingga keguguran.

Selama masa kehamilan, para ibu memang harus lebih berhati-hati menjaga kesehatan, termasuk mengonsumsi makanan. Semoga para ibu yang sedang hamil dapat melewati masa kehamilan ini dengan penuh rasa bahagia agar kelak saat melahirkan tiba, ibu dan bayi sehat selalu.

*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here