5 Ide Liburan Seru di Rumah Bersama Anak

1
68

Melewatkan liburan bareng anak di luar rumah memang sangat menyenangkan. Di pantai atau alam terbuka lainnya, misalnya. Sayangnya, terkadang terjadi kondisi yang tidak memungkinkan untuk mengajak anak-anak liburan ke tempat-tempat tersebut. Liburan pun “terpaksa” harus dilewatkan di rumah saja.

Meski melewatkan liburan di rumah, bukan berarti liburan hanya bisa diisi dengan menonton televisi atau bermain gawai. Masih banyak kegiatan lain yang bisa dikerjakan bersama keluarga. Agar keseruan dapat dirasakan bersama,  ajak semua anggota keluarga terlibat di dalamnya.

Berikut 5 cara asyik mengisi liburan di rumah bareng anak yang dapat dilakukan bersama-sama di rumah.

1. Menata Ulang Interior Rumah

Menata ulang interior rumah dapat menjadi alternatif mengisi liburan di rumah. Anak-anak pastinya senang bila diajak bekerja sama menata ulang interior di rumah.  Anak-anak akan bersemangat bila diminta memindahkan kursi, meja atau lemari jika dikerjakan bersama-sama. Kalau perlu, minta pendapat mereka kira-kira  dimana tempat yang tepat untuk meletakkan benda-benda tersebut.

Hal menyenangkan juga dapat dikerjakan bersama adalah mengecat  atau mengganti warna atau motif  dinding rumah. Untuk  pilihan praktis, anda dapat mencoba   menggunakan wallpaper. Apalagi sekarang, warna dan motif wallpaper sangat beragam dan indah.

Penggunaan wallpaper juga bisa dipakai untuk menghias kamar anak. Biarkan anak memilih warna dan motif yang mereka inginkan.  Interior kamar yang sesuai pilihan anak akan membuat anak betah berada di dalamnya.

2. Kemping di Teras/Halaman Belakang Rumah

Liburan di rumah dengan kemping juga seru

Punya teras atau halaman belakang yang cukup luas? Nah, mengapa tidak dimanfaatkan. Halaman depan atau belakang yang kosong juga dapat dimanfaatkan untuk mengisi liburan di rumah. Halaman kosong tersebut dapat digunakan untuk kemping atau berkemah. Pasang tenda di tempat yang telah disepakati.

Agar seru,   buatlah kegiatan sebagaimana saat sedang berada di tempat perkemahan di alam bebas. Makan, tidur bahkan bila perlu membuat api unggun. Dijamin, kegiatan ini akan disambut dengan sangat antusias oleh anak.

3. Memasak Bersama di Rumah

Alternatif liburan di rumah lainnya adalah memasak. Tak hanya anak perempuan yang harus dikenalkan dengan kegiatan ini, anak laki-laki juga perlu. Terampil memasak sangat berguna untuk kehidupan mendatang mereka.

Sebelum memulai memasak, buatlah kesepakatan masakan apa yang ingin dibuat dengan anak-anak. Carilah jenis masakan yang tidak terlalu ribet namun disukai anak-anak. Libatkan anak saat memotong-motong sayur atau bumbu-bumbu yang diperlukan. Tentunya tugas mereka disesuaikan umur maupun kemampuan anak.

4. Merawat Hewan Peliharaan

Punya hewan peliharaan di rumah? Nah, liburan ini adalah saat yang tepat untuk lebih memerhatikan hewan peliharaan tersebut.  Ajak anak-anak memperbaiki kandang hewan yang rusak, misalnya. Atau bisa juga dengan bersama-sama  membersihkan kandang dan hewan tersebut dan lain-lain.

5. Berkebun

Liburan di rumah dengan berkebun

Kegiatan berkebun kini tidak harus dilakukan di pekarangan yang luas. Dengan luas pekarangan yang pas-pasan, kegiatan berkebun tetap bisa dilakukan. Bahkan untuk kegiatan ini, dapat menggunakan barang-barang bekas sebagai wadahnya.

Salah satu metode yang dapat digunakan adalah dengang menggunakan metode hidroponik. Metode ini tidak membutuhkan tanah. Sebagai gantinya, menggunakan media air untuk tumbuh kembang tanaman.

Masih banyak lagi metode berkebun yang dapat dilakukan bersama anak-anak.   Agar semakin seru, ajak anak memilih bibit tanaman apa yang akan ditanam. Pilihlah, tanaman yang mudah dan cepat tumbuhnya agar anak bersemangat ketika melihat hasil tanamannya tumbuh dan berkembang.

Ternyata, liburan di rumah juga bisa sangat mengasyikkan, ya. Mari bersama mempraktikkan 5 cara asyik mengisi liburan di rumah bareng anak. Liburan seru tak harus ke luar rumah.

Baca juga

http://baetunaa.com/inilah-7-keterampilan-dasar-yang-harus-diketahui-anak-agar-kelak-bisa-survive/

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here