Sebagian orang sangat suka bila mandi menggunakan air hangat, apalagi bila udara sedang dingin atau di malam hari. Mandi air hangat memang cukup menyenangkan dan ternyata juga mempunyai banyak manfaat, di antaranya melancarkan peredaran darah dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Ada juga sebagian orang yang lebih suka mandi dengan air dingin. Tentu saja, mandi dengan air dingin juga mempunyai beberapa manfaat. Sahabat mau tahu apa sajakah itu? Berikut 5 manfaat mandi air dingin yang perlu diketahui. So, jangan takut mandi dengan air dingin, ya.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ketika pertama kali menyentuhkan air dingin ke tubuh,  guyuran air tersebut dapat memicu jantung agar lebih efisien memompa darah ke seluruh tubuh. Tentu saja, hal ini baik bagi kesehatan.  Selain itu, setelah mandi air dingin, sirkulasi darah akan menjadi lebih lancar dan juga dapat menurunkan tekanan darah, membilas plak yang menumpuk dalam pembuluh darah, dan mendorong kerja sistem imun yang lebih baik.

Pilihan Editor:

2. Meningkatkan Semangat

 

Mandi air dingin di pagi hari, bahkan sebelum subuh ternyata juga baik bagi kesehatan, termasuk untuk produktivitas. Saat tubuh diguyur air dingin di pagi hari, banyak yang kemudian terkejut sehingga menarik napas   tarikan napas dalam-dalam. Nah,  saat itulah sebenarnya pernapasan menjadi terbuka dan  asupan oksigen ke seluruh tubuh juga meningkat. Pada akhirnya, detak jantung ikut meningkat dan  aliran darah lebih lancar sehingga menjaga tubuh tetap hangat. Kondisi ini seolah menjadi “tendangan” energi agar Sahabat bisa memulai beraktivitas hari itu.

3. Menghaluskan Kulit dan Rambut

Ingin kulit dan rambut menjadi lebih halus? Cobalah sering-sering mandi menggunakan air dingin.  Air dingin dipercaya mampu mengencangkan kutikula rambut dan pori-pori kulit lewat pengerutan pembuluh darah sehingga  dapat mencegah kotoran dan bahan berbahaya lainnya menyumbat pori-pori kulit dan  kepala. Selain itu, mandi air dingin juga dapat membuat rambut tampak lebih bersinar, kuat, dan sehat. Sebaiknya, mandi air panas yang bersifat melucuti minyak alami dan mengeringkan kulit.

4. Menurunkan Berat Badan

Sahabat ingin menurunkan berat badan? Nah, mandi air dingin bisa menjadi salah satu solusinya. Seperti diketahui, dalam tubuh manusia terkandung dua jenis lemak, yakni lemak putih dan lemak coklat.

Lemak putih adalah lemak yang menumpuk di tubuh bagian  leher, pinggang, dan  perut. Lemak ini menumpuk akibat  tubuh mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan sementara  tubuh tidak dapat membakar lemak putih tersebut menjadi energi. Adapun  lemak coklat merupakan lemak baik. Lemak ini  digunakan untuk menghasilkan panas untuk menjaga tubuh tetap hangat dan dibakar ketika tubuh terkena cuaca dingin.

Baca Juga:

5. Meningkatkan Kadar Hormon Testosteron

Ternyata,  mandi air dingin juga dapat meningkatkan kesuburan, lho. Mandi dengan menggunakan air dingin dapat meningkatkan kadar hormon testosteron. Sebaliknya, mandi dengan menggunakan air panas secara teratur justru bisa menjadi “alat kontrasepsi” yang cukup efektif bagi laki-laki.

Sebenarnya, masih banyak lagi manfaat mandi air dingin, seperti dapat meringankan stres, mempercepat pemulihan nyeri otot dan pegal  linu, dan sebagainya. Namun, untuk kali ini, cukup 5 manfaat mandi air dingin  yang dibahas.

Namun, ada satu hal yang perlu diingat bahwa meski mandi air dingin mempunyai manfaat yang banyak, mandi dengan air ini tidak dianjurkan untuk semua orang. Ada beberapa orang yang sebaiknya menghindari mandi seperti ini, terutama orang yang sedang sakit, orang tua, atau mereka yang memiliki masalah pada jantung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here