Waktu yang diberikan Allah kepada kita adalah 24 jam sehari semalam. Namun, terkadang waktu tersebut terasa kurang. Akibatnya, pekerjaan maupun perencanaan menjadi terbengkalai. Apakah Sahabat Baetunaa juga merasakan hal demikian? Nah, agar waktumu lebih efektif, yuk, lakukan 3 tips berikut ini.

1. Buatlah Daftar Kegiatan agar Waktumu Lebih Efektif

 

Tips pertama adalah membuat daftar kegiatan secara berkala, baik harian, pekanan, maupun bulanan. Daftar kegiatan ini berisi rencana kegiatan yang akan dilakukan, waktu pelaksanaannya, target penyelesaiannya, dan sebagainya.

Meski terlihat sederhana, jadwal kegiatan ini bisa membawa manfaat yang besar. Salah satunya adalah Sahabat bisa lebih fokus melaksanakan perencanaan yang telah dibuat. Dengan demikian, waktu yang ada bisa dipergunakan secara lebih efektif dan efisien. Semua target pun dapat lebih mudah tercapai.

Pilihan Editor:

2. Buatlah Skala Prioritas agar Waktumu Lebih Efektif

Tips kedua agar waktumu lebih efektif adalah membuat daftar skala prioritas. Dalam daftar tersebut, Sahabat bisa menuliskan apa sajakah perencanaan yang paling penting, kurang penting, dan yang bisa ditunda pengerjaannya.

Dengan adanya skala prioritas ini, Sahabat jadi tahu dan bisa mengurutkan pekerjaan-pekerjaan yang akan dilakukan menurut urgensinya masing-masing. Semua pekerjaan pun bisa terselesaikan dengan baik dan sesuai target.

3. Jangan Menunda Pekerjaan

 

Setelah membuat daftar pekerjaan serta prioritasnya, yang harus Sahabat lakukan berikutnya adalah segera mengerjakan semua perencanaan yang telah disusun tersebut agar waktumu lebih efektif. Ingat, jangan pernah menunda-nunda pekerjaan atau mengulur-ulur waktu untuk menyelesaikannya.

Menunda pekerjaan hanya akan menimbulkan penyesalan dan akan membuat Sahabat kelabakan menyelesaikan semuanya. Tidak hanya itu, pekerjaan yang telanjur menumpuk akibat ditunda dan diulur akan rentan membuat Sahabat stres karena harus menyelesaikannya dalam tenggat waktu yang lebih pendek.

Baca Juga:

Lagipula, belum tentu di waktu yang pendek tersebut, kita mempunyai kelapangan dan kesehatan.  Coba bayangkan, seandainya di waktu tersebut kita terserang penyakit atau ada hal-hal penting lainnya yang juga harus diselesaikan. Kebayang kan, repotnya. Dan, semua itu terjadi hanya karena kita memilih untuk menunda-nunda pekerjaan yang sebenarnya bisa segera dituntaskan.

Waktu yang diberikan kepada setiap manusia tentu saja sama, 24 jam sehari. Jika kita pandai memanfaatkannya, banyak hal-hal bermanfaat yang bisa dilakukan. Begitu juga sebaliknya, jika kita tidak pandai memanfaatkannya, waktu tersebut akan terbuang percuma dan itu bisa bikin Sahabat makin bete. Akibatnya, di akhir masa kita hanya bisa menyesalinya.

Akhir kata, penulis ingin menutup tulisan ini dengan mengutip beberapa bait dari syair nasyid “Demi Masa” yang dipopulerkan oleh group nasyid asal negeri jiran, Raihan. Semoga penggalan nasyid ini semakin menguatkan tekad kita untuk tidak lagi membuang-buang waktu percuma.

Ingat lima perkara sebelum lima perkara
Sihat sebelum sakit
Muda sebelum tua
Kaya sebelum miskin
Lapang sebelum sempit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here