Anemia merupakan sebuah penyakit yang biasa disebut juga kurang darah. Seseorang dikatakan terkena anemia  jika jumlah sel darah merahnya lebih rendah dari batas normal. Kondisi ini tentu saja sangat tidak menyenangkan. Namun, tahukah Anda kalau ternyata ada beberapa jenis buah yang berkhasiat sebagai penambah darah alami.

Selain itu, anemia juga bisa disebabkan karena sel-sel darah merah tidak mengandung hemoglobin yang cukup. Hemoglobin sendiri adalah protein yang kaya akan zat besi dan memberikan warna merah pada darah, serta berfungsi untuk membantu sel-sel darah merah membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Secara umum, gejala anemia yang biasa dirasakan di antaranya adalah mudah lelah, pusing, sakit kepala, dan sering sesak napas. Bagi mereka yang terkena penyakit kurang darah atau dikenal juga dengan nama anemia, tentunya membutuhkan jenis makanan yang dapat berfungsi sebagai penambah darah.  Saat ini di pasaran telah banyak beredar obat-obatan yang berkhasiat sebagai penambah darah.

Meski demikian, ternyata ada juga bahan-bahan alami  yang dapat berfungsi sebagai penambah darah alami. Nah, jika Anda tertarik untuk menggunakan bahan-bahan alami, salah satunya dengan rutin mengonsumsi buah-buahan yang mempunyai kandungan nutrisi yang dapat membantu mengembalikan kecukupan darah di dalam tubuh.

Nah, berikut 10 buah yang berkhasiat sebagai penambah darah alami:

1. Buah Jambu Biji

Kandungan nutrisi pada buah jambu biji termasuk yang paling lengkap. Buah ini kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin B1, serta  zat besi. Buah ini sangat baik dikonsumsi oleh penderita anemia karena dapat membantu terjadinya pembentukan hemoglobin.

2. Buah Jeruk

Buah jeruk mengandung asam folat serta vitamin C yang sangat tinggi. Kedua zat tersebut membuat jeruk termasuk buah yang baik untuk menambah darah. Di dalam tubuh, asam folat  berperan untuk  membantu tubuh membuat sel darah merah baru, sedangkan vitamin C  berperan membantu penyerapan zat besi pada tubuh (zat besi  merupakan komponen sel darah merah yang berfungsi untuk membantu pengikatan oksigen).

3.Buah Naga

Buah naga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, termasuk untuk penderita anemia. Di antaranya adalah zat besi, kalsium, fosfor, serta vitamin C, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B12, serta mineral.

Di pasaran, ada beberapa jenis buah naga. Namun, yang paling bagus dikonsumsi untuk penambah darah adalah buah naga merah. Karena, warna merah pekat yang ada pada buah naga tersebut mengandung  zat-zat yang berperan dalam  pembentukan sel darah merah.

  1. Buah Stroberi

Kandungan nutrisi pada buah stroberi membuat buah ini juga baik dikonsumsi untuk membantu menambah darah.

  1. Buah Anggur

Kandungan asam folat pada anggur menjadikan buah ini salah satu buah yang sangat baik untuk menambah darah. Bukan hanya  itu,  anggur juga mengandung vitamin A, yang sangat penting dalam pembentukan sel darah merah.

  1. Buah Alpukat

Buah alpukat termasuk buah yang mempunyai kandungan asam folat yang tinggi. Karenanya, buah ini baik dikonsumsi mereka yang terkena anemia. Selain itu, alpukat juga mengandung zat besi, fosfor, kalsium,  vitamin A, vitamin B1, dan vitamin  C serta berbagai mineral lainnya. Selain untuk penambah darah, alpukat juga baik  untuk melancarkan pernafasan.

Pilihan Editor

  1. Mengupas 7 Manfaat Buah Apel untuk Kecantikan Kulit dan Wajah
  2. Ingin Dietmu Sukses? Perhatikan 5 Hal Berikut Ini
  3. Buah Mangga

Buah mangga kaya akan vitamin C dan zat besi sehingga baik dikonsumsi oleh mereka yang terkena anemia. Selain kandungan tersebut, mangga juga kaya  vitamin B, vitamin E,  vitamin K, serta berbagai mineral seperti magnesium, kalsium, tembaga, dan mangan.

  1. Buah Semangka

Buah semangka juga mengandung zat besi yang tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita anemia. Selain itu semangka juga memiliki kadar vitamin C yang cukup tinggi pada semangka.Vitamin C ini berguna untuk  membantu proses penyerapan zat besi di dalam tubuh agar menjadi lebih optimal.

  1. Buah Apel

Buah apel mengandung banyak nutrisi, di antaranya adalah  vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6,  vitamin C, zat besi, magnesium, kalium, natrium, kalsium, asam folat, seng, dan fosfor. Semua ini membuat apel sangat baik untuk menambah darah. Selain itu, kandungan serat pada apel sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Dan buah ini juga dikenal sebagai buah yang baik untuk menjaga kesehatan  jantung.

  1.  Kurma

Kandungan yang ada pada kurma juga sangat baik dikonsumsi olej mereka yang terkena anemia. Kurma kaya akan zat besi, vitamin C, vitamin B kompleks, serta zat antioksidan. Karenanya, konsumsilah buah ini  untuk mengontrol jumlah darah merah yang ada di dalam tubuh.

Ternyata, banyak sekali buah-buahan yang selain menyehatkan juga dapat berfungsi sebagai penambah darah alami. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita senantiasa sehat dan dijauhkan dari serangan berbagai penyakit.

Semangat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here