Sahabat Baetunaa, apakah Sahabat suka bercanda? Jika iya, Sahabat harus senantiasa memperhatikan aturan yang telah ditetapkan syariat. Bercanda merupakan perkara yang dibolehkan dalam syariat agama Islam. Berbeda dengan sabar yang tidak mengenal batas, bercanda ada batasnya. Batasan ini diberikan agar bercanda sesuai syariat dan tidak sampai merugikan siapa pun. Bukankah sering kali kita dapati orang yang sebenarnya hanya bermaksud bercanda, tetapi candaannya melampaui batas sehingga ia telah bercanda menimbulkan akibat yang tidak diinginkan.

Nah, buat Sahabat yang suka bercanda, yuk, perhatikan aturan bercanda sesuai syariat.

1. Meluruskan Tujuan Agar Bercanda Sesuai Syariat

Tujuan bercanda adalah untuk menepi sejenak dari rutinitas harian yang terkadang membosankan. Diharapkan, bercanda dapat menghilangkan kejenuhan, kebosanan, dan kepenatan. Selain itu, suasana menjadi cair dengan bercanda sehingga kita kembali bersemangat dan bergairah menjalani rutinitas harian kembali.

Pilihan Editor:

2. Lihatlah dengan Siapa Sahabat Bercanda

Ingat, tidak semua orang suka bercanda. Hal ini harus dimaklumi karena setiap manusia mempunyai tabiatnya masing-masing. Oleh karena itu, jauhi bercanda dengan orang yang tidak suka bercanda. Jika tidak, hal ini bisa membawa dampak yang tidak diinginkan.

3. Jangan Melewati Batas Agar Bercanda Sesuai Syariat

Meski dibolehkan, bercanda tak boleh dilakukan hingga melewati batasannya. Saat bercanda, jangan sampai menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan, seperti menjatuhkan wibawa orang lain, membuka aib orang lain, memandang rendah, mengejek,  dan sebagainya. Selain itu, hindari bercanda dengan menggunakan kata-kata yang buruk maupun dengan aksi yang tidak menyenangkan atau membahayakan.

Batasan yang lain hindari bercanda pada hal-hal yang dilarang Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Beberapa hal tersebut adalah:

  • Bercanda dengan Cara Menakut-nakuti Orang Lain

Islam melarang penganutnya untuk menakut-nakuti orang lain, sekalipun dengan maksud bercanda. Sebagai contoh memakai topeng, menjadi hantu, menyembunyikan barang, dan sebagainya. Hal ini sebagaimana peringatan Rasulullah, yaitu “Janganlah salah seorang dari kalian mengambil barang milik saudaranya, baik bercanda maupun bersungguh-sungguh.” (HR Abu Dawud)

  • Bercanda dengan Cara Berdusta

Banyak orang yang karena beralasan hanya bercanda,kemudian membubuhi candaanya tersebut dengan kedustaan, padahal berdusta merupakan hal yang terlarang dalam Islam.  Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Aku menjamin dengan sebuah istana di bagian tepi surga bagi orang yang meninggalkan debat meskipun ia berada di pihak yang benar, sebuah istana di bagian tengah surga bagi orang yang meninggalkan dusta meski ia sedang bercanda, dan istana di bagian atas surga bagi seorang yang memperbaiki akhlaknya.” (HR Abu Dawud)

Bukan hanya itu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan ancaman bagi mereka yang suka berdusta, meski untuk membuat orang lain tertawa.

“Celakalah seseorang yang berbicara dusta untuk membuat orang tertawa, celakalah ia, celakalah ia.” (HR Abu Dawud dan Tirmidzi)

  • Bercanda dengan Melecehkan Sekelompok Orang Tertentu

Bercanda dengan cara melecehkan komunitas atau sekelompok orang (SARA) juga terlarang dalam Islam. Meski tujuannya hanya untuk lucu-lucuan, tetap saja hal ini terlarang.

Pilihan Editor:

4. Hindari Banyak Tertawa

Pernahkah Sahabat melihat orang yang tertawa sampai terpingkal-pingkal karena sebuah candaan? Jika iya, hal ini termasuk berlebih-lebihan dan termasuk hal yang bertentangan dengan sunnah. Rasulullah  Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengingatkan umatnya agar tidak banyak tertawa, beliau bersabda :

“Janganlah kalian banyak tertawa. Sesungguhnya banyak tertawa dapat mematikan hati.” (HR Tirmidzi)

Bercanda memang banyak manfaatnya, tetapi harus senantiasa memperhatikan aturan syariat saat melakukannya. Semua ini bertujuan agar bercanda sesuai syariat dan tidak keluar dari batas dan aturannya.

Wallahu a’lam bisshawab

*

Bahan Rujukan:

almanhaj.or.id

muslimah.or.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here