Beberapa Hal Ini Harus Diperhatikan Pasca Operasi Sesar. Jangan Sampai Terlewatkan

5
33
Hai, Sahabat Baetunaa
Kehamilan merupakan hal yang paling ditunggu oleh pasangan suami istri yang telah menikah. Bahkan, tak jarang, banyak di antara pasangan suami istri yang menempuh berbagai metode agar bisa hamil. Bukan hanya itu, mereka juga harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit agar  bisa mempunyai anak.
Setelah hamil, impian berikutnya adalah bisa melahirkan secara normal. Akan tetapi, terkadang keadaan tidak memungkinkan untuk itu. Sebagai jalan keluarnya, ditempuhlah  cara operasi sesar.
Namun, terkadang cara ini cukup membuat ibu hamil maupun keluarganya berpikir dua kali. Bukan apa-apa, biaya yang harus dikeluarkan untuk penanganan lewat cara ini boleh dibilang cukup menguras kantong. Belum lagi masa pemulihan pasca operasi yang terkadang membutuhkan waktu yang lebih lama daripada melahirkan secara normal.
Nah, bagi Sahabat yang harus menjalankan operasi sesar, berikut beberapa hal yang diperhatikan pasca operasi tersebut.

1. Hindarkan Mengangkat Benda Berat

Mengangkat benda yang beratnya melebihi berat badan si kecil juga berbahaya bagi ibu,  pasca operasi sesar. Mengangkat benda berat juga meningkatkan kemungkinan terbukanya  luka operasi dan komplikasi pasca operasi. Oleh karena itu, mintalah bantuan keluarga jika ada sesuatu yang berat dan harus diangkat. 

Pilihan Editor:

2. Tetaplah Menyusui 

Menyusui pasca operasi juga penting untuk sang bayi. Seperti kita ketahui, bayi yang baru lahir membutuhkan asupan ASI pertamanya untuk membentuk kekebalan tubuh. Agar terasa lebih nyaman, cobalah beberapa posisi ketika menyusui agar bayi tidak menekan bagian luka operasi dan membuat ibu merasa sakit. Menyusui pasca melahirkan juga dapat membantu mengurangi berat badan ibu agar kembali normal.

3. Waspada Ketika Ibu Demam atau Mengalami Nyeri

Segeralah periksakan kondisi ibu ketika mengalami demam atau nyeri setelah operasi. Hal ini dikhawatirkan merupakan tanda infeksi luka setelah operasi. Jangan anggap remeh demam dan nyeri setelah operasi. Jika dibiarkan, bisa  berakibat fatal bagi keselamatan ibu.

4. Jangan Menekuk Bagian Perut Terlalu Sering

Ketika ibu mengurus bayi dan pekerjaan rumah, kadang tidak memerhatikan kondisinya. Kondisi pasca operasi berbeda ketika ibu sedang hamil. Salah satu bentuk perawatan luka pasca operasi sesar adalah dengan tidak menekuk atau memberikan tekanan ada bagian perut. Hal ini dikhawatirkan akan menimbulkan nyeri dan membuka luka operasi. Jika pekerjaan rumah dan mengurus bayi dirasa terlalu berat, tidak ada salahnya untuk menyewa jasa asisten rumah tangga.
Demikianlah beberapa hal yang harus diperhatikan pasca operasi sesar. Dengan memperhatikan hal-hal di atas, diharapkan pemulihan pasca operasi dapat berjalan dengan baik. Ibu pun dapat kembali beraktivitas dengan normal.
Semoga bermanfaat.

5 KOMENTAR

  1. Wah, ribet juga ya mbak pasca caesar. Aku kira caesar itu lebih praktis. Soalnya lahiran banyak yang mau itu. Hihi

    Tapi kalau tahu begini kalau bisa mending normal saja ya.

    Tapi nggak bisa gitu juga sih. Apa pun proses melahirkannya tetap wajib disyukuri. Yang penting anak sehat ya, Mbak.

  2. Aduh, membayangkan luka dari operasi badanku sudah nyeri. Kemarin membantu kakakku yang persalinan caesar juga. Dia meringis-ringis saat belajar miring dan berjalan. Jadi, melahirkan normal maupun caesar, sama perjuangannya. Kalau bisa normal, semua orang kurasa akan memilih proses normal, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here