Hidup di dunia adalah masa untuk mengerjakan sebanyak mungkin amalan shaleh. Hidup di dunia tidaklah fana, ia hanya sebentar saja. Hidup yang abadi adalah kehidupan setelah di dunia ini. Itulah sebenar-benarnya hidup. Oleh karena itu, seorang muslimah yang baik akan lebih memperhatikan urusan akhiratnya daripada urusan dunia. Salah satu yang bisa dilakukan adalah beramal dengan akhlak mulia.

Salah satu amalan shaleh yang dijanjikan pahala yang besar atasnya adalah berperilaku yang baik atau ber-akhlakul karimah. Akhlak mulia dapat ditunjukkan dengan senantiasa bersikap baik dan menyenangkan, hormat dan santun kepada siapa saja, senantiasa bertutur kata yang baik, dan sebagainya.

Besarnya keutamaan amalan ini ditunjukkan dalam sebuah hadits dari Abu Darda’ radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Tidak ada sesuatu amalan yang jika diletakkan dalam timbangan lebih berat dari akhlaq yang mulia. Sesungguhnya orang yang berakhlaq mulia bisa menggapai derajat orang yang rajin puasa dan rajin shalat.” (HR. Tirmidzi)

Keutamaan ber-akhlakul karimah yang lain juga disebutkan dalam hadis berikutnya, yaitu

Tidak ada sesuatu yang lebih berat dalam timbangan seorang mukmin pada hari kiamat selain akhlaknya yang baik. Allah sangat membenci orang yang kata-katanya kasar dan kotor.” (HR Tirmidzi)

Terkait kedua hadits di atas, para ulama memaparkan faedah yang dapat kita petik, di antaranya adalah:

1.Besarnya Keutamaan Beramal dengan Akhlak Mulia

Telah disebutkan di atas bahwa keutamaan akhlak mulia adalah besarnya nilai pahala yang akan diberikan bagi mereka yang melakukan amalan ini. Bahkan, kedudukan mereka bisa menyamai  derajat orang yang rajin mengerjakan shalat dan puasa. Semua amalan tersebut akan menjadi pemberat mizan (timbangan) kelak di Yaumul Akhir.

Pilihan Editor:

2. Mendapatkan Kecintaan Allah Azza wa Jalla

Tak satu makhluk pun di dunia ini yang tidak menginginkan mendapatkan kecintaan dari Rabb seluruh alam, Allah Subhanahu wa ta’ala. Mendapatkan kecintaan dari Sang Khaliq adalah kebahagiaan yang tak terkira serta kenikmatan yang tiada duanya.

Salah satu cara untuk mendapatkan cinta dan ridha-Nya adalah dengan senantiasa memperbaiki diri dan terus berusaha ber-akhlakuk karimah, di mana pun, kapanpun, dan kepada siapa pun.

3. Mudahnya Akhlak Mulia

Amalan shaleh berupa akhlak mulia dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Sahabat bisa memulainya dengan senantiasa bermuka manis, menebarkan senyum, melakukan kebaikan tanpa pandang bulu, atau menghilangkan gangguan di jalan. Contoh amalan shaleh tersebut jika dilihat sepintas sangat mudah dilakukan. Namun, jangan pernah menganggap remeh sebuah kebaikan, meski bernilai keci. Kita tak pernah tahu amalan apa yang akan diterima-Nya. Oleh karena itu, teruslah berbuat baik dan jangan pernah berhenti maupun merasa jenuh untuk melakukannya.

Pilihan Editor:

Beramal dengan akhlak mulia ternyata mudah dilakukan, bukan? Mari bersama senantiasa memberatkan timbangan kebaikan dengan senantiasa mengerjakan amalan-amalan shaleh yang sangat dianjurkan Allah dan Rasul-Nya. Semoga kelak amalan-amalan tersebut menjadi penghantar kita memasuki jannah-Nya. Aamiin.

Sumber Tulisan:

rumaysho.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *