Ingin Dietmu Sukses? Perhatikan 5 Hal Berikut Ini

5 langkah agar diet berjalan dengan sukses.

1
87

Sebagian besar orang yang sedang menjalankan program diet bertujuan untuk menurunkan berat badan. Tak salah memang karena diet merupakan salah satu sarana untuk bisa mendapatkan bentuk tubuh serta berat badan yang ideal.

Saat ini, banyak metode diet yang kita kenal. Sebut saja ada diet keto, diet mayo, dan sebagainya. Tentu saja, aneka jenis diet tersebut mempunyai keunggulan serta kekurangannya masing-masing. Anda tinggal memilih yang mana yang terbaik dan sanggup untuk dijalankan.

Namun, apa pun diet-nya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar program diet tersebut berjalan aman dan mendapatkan hasil maksimal. Tentu saja, Anda tidak bisa diet sembarangan karena  alih-alih mendapatkan bentuk badan ideal, yang ada Anda justru jatuh sakit sehingga membahayakan kesehatan. Tentu, Anda tak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

Nah, untuk menghindari hal tersebut berikut 5 hal yang harus diperhatikan agar diet yang dijalankan berjalan aman.

1. Menentukan Target

Pertama-tama yang harus dilakukan dalam menjalankan program diet adalah menentukan terger. Target ini diperlukan untuk mengukur sejauh mana keberhasilan diet yang dijalankan serta membuat pelaku diet dapat lebih fokus dan konsisten menjalankan program dietnya. Tanpa target, biasanya pelaku diet hanya semangat di awal pelaksanaan dan untuk seterusnya tidak bersemangat lagi.

Dalam menentukan target, sebaiknya jangan terlalu muluk. Misalnya, ingin menurunkan berat badan 10 kilo dalam tiga hari. Target yang terlalu muluk justru akan mengacaukan diet Anda.

2. Olahraga Secara Teratur

Untuk mendapatkan hasil diet yang maksimal, olahraga secara teratur juga memegang faktor yang sangat penting. Olahraga yang teratur merupakan salah satu cara diet aman yang akan bermanfaat untuk membakar dan membuang lemak yang ada dalam tubuh.

Ada beberapa jenis olahraga yang baik dilakukan oleh pelaku diet. Di antaranya adalah jogging, jalan kaki, bersepeda, renang, dan sebagainya. Karenanya, sesibuk apa pun, usahakan untuk selalu ada waktu untuk berolahraga.  Luangkan waktu sekitar 30 menit setiap hari untuk berolahraga.

Untuk yang sibuk, Anda bisa menciptakan olahraga ala Anda sendiri. Misalnya, perbanyak jalan kaki daripada menggunakan kendaraan bermotor saat bepergian atau  gunakan tangga daripada lift atau eskalator, dan sebagainya.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Manfaat air putih bagi tubuh sangatlah banyak. Kekurangan air putih akan mengakibatkan dehidrasi, menganggu metabolisme tubuh, dan sebagainya.

Karena itu, konsumsilah air putih minimal 8 gelas perhari. Selain untuk mendapatkan manfaat air putih bagi kesehatan tubuh, rajin minum air putih juga akan membuat lambung selalu penuh. Dampak baiknya adalah, Anda akan merasa kenyang lebih lama dan menunda munculnya rasa lapar yang biasanya sering datang.

Namun ingat, air putih yang dimaksud adalah air minum biasa atau air mineral, bukan air soda atau minuman berenergi lainnya. Minuman bersoda atau minuman energi biasanya telah ditambahkan dengan gula yang memiliki kadar cukup tinggi. Tentu saja, hal ini tidak akan mendukung diet aman yang sedang dijalani.

4. Mengatur Pola Makan

You are what you eat“, mungkin Anda pernah mendengar ungkapan tersebut? Ada benarnya juga sih, karena biasanya orang yang selektif menyeleksi apa yang akan dimakannya, dapat terlihat, salah satunya, lewat tubuhnya. Orang yang mempunyai pola makan yang baik, biasanya tubuhnya lebih berisi/padat  (maksudnya tidak kurus tapi tidak juga gemuk), aktivitasnya baik, produktivitasnya mengangumkan, serta kesehariannya senantiasa aktif.

Yes, pola makan memang mempunyai pengaruh yang cukup besar, termasuk untuk yang sedang berdiet. Khusus yang sedang berdiet, perbanyaklah mengonsumsi makanan berserat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Untuk buah, Anda dapat memilih buah berry, apel, pisang, dan sebagainya. Untuk sayuran, Anda dapat memilih sayuran berwarna hijau yang kaya serat. Selain itu, konsumsi telur, yogurt dan teh hijau juga baik untuk diet. Selain itu, sedapat mungkin hindari jenis makanan yang digoreng, termasuk camilan gorengan.

yang bikin gak nahan. Hindari juga makanan kemasan maupun snack dengan kadar gula yang tinggi. Jenis  makanan yang paling baik dan aman untuk disantap adalah yang diolah dengan cara dikukus atau direbus.

Satu lagi, khusus  malam hari, kurangilah porsi makan. Bahkan, bila perlu tidak perlu mengonsumsi makanan berat lagi. Karena, waktu malam merupakan waktu saat aktivitas tidak sepadat pagi maupun siang hari. Jadi, tidak membutuhkan asupan seperti di pagi atau siang hari.

  1. Optimis

Meskipun diet terasa menyiksa dan banyak hal yang harus dikorbankan, namun optimislah bahwa semua itu pasti bisa dilalui. Cobaan dan godaan adalah hal biasa dalam sebuah perjuangan. Ya, Anda adalah seorang pejuang. Pejuang untuk mendapatkan kesehatan dan hidup yang lebih baik. Semangat.

Ternyata, diet juga tidak bisa dilakukan semau kita sendiri. Ada hal-hal yang harus diperhatikan agar tujuan melaksanakan diet tercapai dengan sempurna. Bagaimana dengan Anda, apakah ingin berdiet juga?

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here