Alhamdulillah, bulan Ramadhan kembali hadir di tengah kita. Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia, bulan penuh berkah, bulan penuh ampunan, serta bulan yang sarat akan pahala yang berlipat ganda.

Di bulan Ramadhan ini, kaum muslimin diperintahkan untuk mengerjakan puasa selama satu bulan penuh. Puasa di bulan Ramadhan juga termasuk salah satu dari Rukun Islam. Artinya, barang siapa yang mengingkari perintah ini maka ia bisa keluar dari Islam. Naudzubillah min dzalik.

Selain merupakan ibadah, ternyata puasa juga banyak manfaatnya. Salah satu manfaat berpuasa adalah membawa dampak yang baik dari segi kesehatan, terutama bagi Sahabat yang ingin menurunkan berat badan.

Nah, agar bisa lebih optimal, berikut 7 hal yang harus Sahabat perhatikan.

1. Hindari Makanan dan Minuman Manis Saat Berbuka

Es buah, es cendol, es pisang ijo, maupun aneka kolak merupakan menu wajib yang biasanya dikonsumsi saat berbuka puasa. Jika Sahabat termasuk yang memiliki kebiasaan ini, cobalah untuk mengubahnya. Kurangi, bahkan kalau bisa sebaiknya dihindari mengonsumsi makanan atau minuman manis saat berbuka puasa. Ganti menu tersebut dengan makanan berkabohidrat kompleks, seperti buah-buahan.

Pilihan Editor:

2. Konsumsilah Serat dan Protein Yang Lebih Banyak

Makanan yang kaya akan serat dan protein merupakan jenis makanan yang mengandung unsur yang mudah diserap dan dicerna tubuh dalam waktu yang lama. Karenanya, makanan jenis ini baik dikonsumsi saat sahur maupun buka puasa. Dengan demikian, Sahabat tidak akan mudah lapar serta akan merasa kenyang lebih lama.

3. Batasi Porsi Makan

Lapar dan haus tentu saja akan dirasakan oleh mereka yang berpuasa. Namun, hal ini tidak boleh membuat Sahabat sampai kalap ketika melihat makanan. Jangan mentang-mentang lapar, semua diembat habis.

Makan dengan porsi yang berlebih dapat berisiko meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Untuk menghindari hal tersebut, Sahabat bisa menggunakan piring berukuran kecil saat makan. Cara ini membuat Sahabat dapat lebih mudah  mengontrol porsi makan yang akan disantap.

4. Jauhi Gorengan

Pisang goreng, bakwan, donat, dan banyak lagi jenis kudapan yang digoreng memang sangat menggoda untuk dijadikan menu  berbuka puasa. Namun, hal ini sebaiknya dihindarkan karena mengonsumsi gorengan yang sarat dengan lemak jahat (lemak jenuh) berisiko  membuat berat badan semakin bertambah. Tentu saja, Sahabat tak ingin hal ini terjadi, bukan?

5. Cukup Beristirahat

Tubuh yang kurang beristirahat akan membuat sistem metabolisme di dalamnya menjadi kacau. Akibatnya, tubuh  tidak dapat melakukan pembakaran lemak secara lebih efektif. Selain itu, kurang istirahat juga berisiko meningkatkan kadar hormon ghrelin, hormon penyebab nafsu makan bertambah. Jika ini terjadi, Sahabat bisa kalap dan siap menghabiskan apa saja yang terhidang di meja makan.

6. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih memegang peranan penting dalam proses metabolisme tubuh. Konsumsi air putih yang cukup dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh hingga 30%. Semakin cepat sistem metabolisme bekerja maka akan semakin banyak kalori dan lemak yang terbuang. Oleh karena itu, konsumsilah air putih yang cukup saat sahur dan berbuka.

7. Tetap Berolahraga

Berpuasa bukan berarti waktunya untuk bermalas-malasan, lho. Tetaplah berolahraga meski sedang berpuasa. Tentu saja, pilihlah jenis olahraga yang tidak terlalu menguras tenaga agar Sahabat tidak kehabisan tenaga.

Saat sedang berpuasa, tubuh tidak memperoleh asupan glukosa. Akibatnya,  tubuh  mencari sumber energi  yang diambil dari cadangan lemak. Oleh karena itu, tetaplah berolahraga saat puasa agar pembakaran lemak tetap berlangsung bahkan terjadi lebih banyak.

Bagaimana Sahabat? Semoga dengan memperhatikan 7 hal ini, Sahabat bisa mendapatkan bentuk tubuh ideal setelah bulan Ramadhan berlalu.

5 KOMENTAR

  1. Selama Ramadhan ini, aku mudah sekali kenyang. Saat berbuka memang lebih suka mengonsumsi buah-buahan. Nasi aku hanya makan sedikit karena kalau kebanyakan jadi mengantuk. Alhasil, timbangan yang susah ke kanan ini jadi semakin ke kiri terus, huehehe … Duh, aku kurus banget nih.

  2. nah bener banget.. akhir-akhir ini mulai rajin konsumsi yogurt pas sahur, alhamdulillah ga gampang laper dan lemes sampai waktu berbuka.. thanks for sharing mba

  3. Huhu… Saya gagal diet mbak, bulan puasa tidak banyak berkurang berat badan saya. Mungkin karena buka puasanya kurang di jaga ya, terutama es buah dan girengan selalu terhidang di meja makan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here