Apa yang terbayang di benak Anda ketika mendengar kata wisata? Liburan, menyenangkan, berkumpul bersama keluarga, dan segala hal yang indah-indah. Tentu saja, berwisata memang merupakan satu kegiatan yang sangat menyenangkan dan biasanya dilakukan pada waktu liburan. Berwisata akan menghadirkan kebahagiaan dan kesenangan tiada tara. Tak heran, bila hampir semua orang menyukai wisata.

Satu hal yang juga identik dengan kata wisata adalah mahal, apalagi bila wisata bersama keluarga atau kerabat. Pastinya, akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.  Biaya untuk transportasi, biaya selama perjalanan, maupun biaya selama di tempat wisata. Karenanya, tak jarang orang-orang akan berpikir berkali-kali sebelum mengadakan sebuah wisata.

Namun, sebenarnya wisata juga bisa dilakukan menyesuaikan dengan bujet yang ada. Bahkan, wisata bisa dilakukan dengan murah meriah, tentu saja jika tahu tips dan triknya.

Nah, jika Anda tertarik untuk mengadakan wisata yang murah meriah, berikut 10 tips wisata murah meriah yang bisa Anda terapkan.

1.Hindari  Peak Season 

Berlibur di saat peak season atau waktu yang padat oleh wisatawan sebaiknya dihindari. Biasanya, hal ini terjadi saat libur anak sekolah, libur hari rayaو maupun tahun baru. Berlibur di saat ini, tentu saja harus siap dengan risiko padatnya pengunjung serta melonjaknya harga-harga, baik itu akomodasi, tiket, maupun makanan.

Karenanya, jika ingin berwisata murah meriah,  hindari waktu-waktu ini.  Sebaliknya, pilihlah hari lain yang termasuk low season. Malah sebenarnya jika dipikir-pikir, akan lebih menyenangkan berlibur di saat low season daripada peak season.

Keuntungan berlibur di waktu ini,  selain lebih murah, Anda juga dapat lebih leluasa dan nyaman menikmati keindahan tempat wisata. Bahkan,  boleh jadi, Anda akan merasa seolah-olah penguasa tunggal di tempat tersebut karena tak ada atau hanya sedikit pengunjung yang datang di saat tersebut.

2. Manfaatkan  Masa Promo

Jika merencanakan liburan,  jauh-jauh hari sebelum masa itu tiba, rajin-rajinlah mengecek harga tiket pesawat (jika ingin liburan ke luar kota). Dengan memesan jauh hari, biasanya harganya lebih murah. Khusus untuk yang ingin bepergian secara rombongan, hindari membeli tiket secara kolektif karena biasanya  harga yang dikenakan akan lebih mahal. Belilah secara terpisah dan jangan lupa, belilah di hari Selasa atau Rabu. Mengapa kedua hari itu? Karena, biasanya harga tiket di hari tersebut lebih murah dibanding memesan di hari lain, terutama saat weekend.

Untuk mengecek harga tiket, mudah saja. anda tinggal mecari di internet dan memilih agen travel apa yang ingin Anda lihat. Cara ini juga memungkinkan Anda untuk mengecek harga sebelum memutuskan akan memesan yang mana.

Selain masa promo tiket, biasanya tempat-tempat wisata juga ada yang memberikan promo. Nah, yang seperti ini juga bisa Anda manfaatkan.

3.Berburu Informasi 

Sebelum memutuskan untuk memilih tempat wisata apa yang akan dituju, usahakan untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat tersebut. Informasi bisa Anda dapatkan lewat internet atau bertanya kepada orang-orang yang lebih tahu akan tempat wisata tersebut.

Hal-hal yang dapat Anda tanyakan adalah situasi tempat wisata tersebut, di mana tersedia akomodasi yang murah meriah, di mana kuliner yang khas tetapi sesuai dengan isi kantong, dan sebagainya. Hal ini penting agar Anda mempunyai bekal informasi sebelum ke tempat wisata tersebut. Jadi, kalau ada apa-apa, Anda lebih mudah dan lebih siap untuk menghadapi dan mengatasinya.

4. Pilih Tempat Wisata yang Baru Launching

Saat ini kebutuhan masyarakat akan tempat wisata semakin banyak. Hal ini membuat para pengusaha yang bergerak di bidang pariwisata juga berlomba-lomba untuk membuka tempat wisata baru atau merenovasi tempat wisata yang telah ada.

Biasanya, tempat wisata yang baru dilaunching menyediakan berbagai promo sebagai salah satu cara menarik pengunjung. Nah, hal ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan wisata yang murah meriah.

Pilihan Editor

1. Jangan Anggap Sepele Sekecil Apa pun Utang. Inilah 7 Adab Utang Piutang yang Harus Diperhatikan

2. 5 Ide Liburan Seru di Rumah Bersama Anak

5. Ikut Paket Wisata

Cara terakhir untuk mendapatkan wisata yang murah meriah dari tulisan ini adalah dengan ikut paket wisata yang biasanya diadakan oleh travel-travel tertentu. Cara ini akan menghemat pengeluaran karena Anda tidak akan direpotkan dengan urusan akomodasi maupun transportasi. Anda pun bisa menikmati liburan dengan lebih leluasa dan nyaman tanpa harus direpotkan dengan hal-hal tersebut.

Tentu saja, harga paket yang ditawarkan masing-masing travel akan berbeda. Karenanya, bijaklah mencari dan memilih paket wisata mana yang akan Anda gunakan.  Pastikan sesuai dengan kebutuhan dan bujet Anda.

Bagaimana, sudah siap berwisata murah meriah?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here