Inilah Alasan Perlunya Serdawa Pada Bayi Usai Menyusu

0
22

Setelah selesai menyusu, kebanyakan orang tua kemudian  mengangkat bayinya, lalu memposisikan bayi seperti berdiri dan menghadap ke dada ibu atau ayah sembari punggungnya ditepuk-tepuk dengan pelan. Hal ini dimaksudkan untuk menyendawakan bayi.

Namun, pada sebagian orang tua yang lain, merasa hal ini tidak terlalu diperlukan. Lalu, sebenarnya seberapa pentingkah melakukan hal ini pada bayi setelah menyusu? Berikut ini  beberapa penjelasannya.

1. Mengeluarkan Gas

Ketika bayi menyusu, tidak hanya ASI yang masuk ke mulut. Gas juga turut masuk ketika posisi menyusunya tidak tepat. Udara yang tertelan, lalu  masuk ke lambung bisa menyebabkan bayi kembung.

Untuk mencegah hal ini terjadi, serdawakan bayi setelah itu. Ini merupakan salah satu cara  membuat bayi merasa nyaman. Ketika bayi kembung, perutnya akan terasa begah dan penuh gas. Kondisi inilah yang membuat bayi  bayi rewel.

Pilihan Editor:

2. Mencegah Gumoh

Gumoh merupakan keluarnya cairan atau ASI dari mulut bayi. Ketika bayi kekenyangan, gumoh akan mudah keluar. Hal ini dikarenakan, lambung bayi masih datar dan belum sempurna sehingga bayi akan dengan mudahnya mengeluarkan cairan yang telah masuk ke dalam tubuhnya. Gumoh bisa dicegah dengan serdawa. Ketika bayi sendawa, gas yang ada pada lambung dapat dikeluarkan dan mencegah gumoh.

3. Membuat Bayi Nyaman Saat Tidur

Bayi yang kenyang setelah menyusu biasanya akan mudah terlelap. Namun, hal ini tidak akan terjadi jika perut bayi dipenuhi gas atau ia merasa kembung. Umumnya, bayi akan rewel dan menangis jika tidak merasa nyaman. Bayi yang dapat tidur dengan nyaman berarti tidak terdapat gas di perutnya.

Pada usia 0-9 bulan, bayi belum dapat serdawa  sendiri. Gerakan yang dapat dilakukan oleh bayi pada umur tersebut cukup terbatas. Sebagian besar aktivitas bayi pada usia ini  hanya berbaring. Oleh karena itu, bayi butuh dibantu untuk berserdawa setelah menyusu agar ia merasa nyaman dan dapat tidur dengan nyenyak.

Demikianlah beberapa alasan mengapa bayi harus diserdawan usai menyusu. Semoga artikel ini bermanfaat dan bayi Sahabat dapat tumbuh dengan sehat dan optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here