Inilah Kuliner Kota Cirebon yang Wajib untuk Dicoba

0
24
Sumber gambar: tripadvisor.co.id

Cirebon merupakan salah satu kota di Jawa Barat. Kota kecil juga dikenal dengan julukan kota udang dan kota wali. Julukan sebagai kota udang diberikan pada kota Cirebon karena letaknya yang berada di daerah pesisir  dan salah satu komoditi andalan yang paling terkenal dari kota ini adalah udang.

Tak heran, bila logo kota ini pun berupa patung berbentuk udang. Hal ini dapat kita lihat saat mengunjungi gedung Balai Kota Cirebon. Di depan gedung, terlihat dengan jelas empat buah patung udang berbalut warna keemasan yang menjadikan gedung ini terlihat unik dan khas.

Selain keunikan tersebut, sebagaimana wilayah lain di tanah air, Cirebon juga memiliki banyak kuliner khas. Beberapa di antaranya bahkan dapat dibeli dan disantap dengan harga yang terjangkau. Ingin tahu apa sajakah kuliner khas Cirebon? Simak, yuk, pemaparannya satu persatu.

1.Nasi Jamblang

Bagi sebagian orang, nasi yang dibungkus dengan daun pisang merupakan satu hal yang biasa. Nah, kuliner khas Cirebon ini terbilang cukup unik. Namanya nasi jamblang. Keunikannya,  nasi jamblang tidak dibungkus dengan daun pisang, melainkan  dibungkus dengan daun jati.

Dari segi sajian, menu nasi jamblang sangat beragam. Mulai dari telur ceplok balado, tempe dan tahu goreng, sayur tahu, cumi hitam, sambal goreng, maupun sate kentang. Namun, dari keseluruhan menu, yang paling banyak diminati pelanggan adalah paru goreng dengan rasanya yang gurih. Adapun dari segi harga, tergantung menu yang dipilih.  Mulai dari harga Rp2.000,00 hingga Rp20.000,00.

Pilihan Editor

Ingin Travelling dengan Bujet Pas-pasan? Ikuti Tips Berwisata Murah Meriah Berikut Ini

2. Nasi Lengko

Sumber Gambar: sajiansedap.grid.id

Menu satu ini merupakan menu yang isiannya cukup simpel. Nasi lengko biasanya hanya berisi tahu dan tempe goreng, kecap, bumbu kacang, taoge dan mentimun. Nasi lengko akan semakin nikmat jika disantap dalam kondisi panas/hangat  dengan tambahan bawang goreng yang harum. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi nasi lengko pun sangat terjangkau. Anda hanya cukup merogoh kocek mulai dari  Rp5.000,00 hingga Rp15.000,00 per porsinya.

3. Docang

Kuliner khas Cirebon berikutnya adalah docang. Docang khas Cirebon ini sekilas  hampir mirip dengan kupat tahu.  Perbedaannya terletak pada isiannya. Isian docang biasanya berupa daun singkong, lontong, kuah, dan kerupuk. Salah satu ciri khasnya adalah kuah docang yang panas, segar, dan terdapat tempe bungkil di dalamnya. Para pedagang docang biasanya berjualan di pagi hari, mulai  pukul 07-10 pagi. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi docang terbilang  cukup murah, yakni mulai sekitar Rp10.000,00 hingga Rp15.000.00.

4. Empal Gentong

Sudah pernah mencoba kuliner satu ini? Namanya empal gentong. Empal gentong ini cukup popular di Cirebon. Empal gentong merupakan kulibner berupa daging sapi dan jeroan yang lembut. Kuliner ini kemudian  disiram dengan kuah kuning panas dengan tambahan daun kucai di atasnya. Terbayang kan enaknya? Dijamin akan memuaskan rasa lapar mereka yang menyantapnya. Aroma dari empal gentong ini juga sangat khas karena dimasak dengan menggunakan kayu bakar. Harga yang dipatok untuk satu porsi empal gentong sekitar Rp17.000,00 hingga Rp25.000,00.

            Wwh, rasanya mendadak lapar nih usai membahas satu persatu kuliner khas Kota Udang, Cirebon. Bagaimana, tertarik mencicipi salah satunya atau semuanya juga boleh? Mulai sekarang,Kamu bisa memasukkan Cirebon dalam list tempat yang akan dikunjungi pada liburan mendatang. Dan, jangan lupa untuk berbagi cerita jika sudah mencicipi kuliner-kuliner nikmat nan lezat di atas, ya.

              Selamat berburu kuliner maknyossss!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here