Inilah Tanda-Tanda Kehamilan Yang Harus Diketahui Para Perempuan. Jangan Sampai Salah, Ya

0
148

Menikah dan mempunyai keturunan merupakan impian hampir semua orang. Karenanya, ketika berita kehamilan terdengar, semua menyambutnya dengan suka cita. Doa dan harapan pun dilambungkan, semoga anak-anak yang lahir kelak menjadi anak yang shalih dan shalihah.

Sayangnya, masih banyak  perempuan yang bingung apakah ia sedang hamil atau tidak. Apalagi, bagi perempuan yang baru menikah sehingga belum mempunyai pengalaman sama sekali. Terlebih, bila tak ada keluarga atau teman dekat yang berpengalaman sehingga bisa diajak sharing.

Biasanya, tanda-tanda kehamilan yang paling mudah dilihat  berupa perasaan  mual dan muntah yang terus menerus atau berlebihan. Namun, tidak semua mual dan muntah itu pertanda kehamilan. Bisa jadi, hanya sekadar masuk angin biasa atau gangguan penyakit lainnya.

Secara umum, tanda-tanda kehamilan dapat dibagi menjadi tiga, yakni  dugaan hamil, tanda mungkin, dan tanda pasti hamil. Secara singkat, ketiganya dapat diuraikan sebagai berikut:

1.Dugaan Hamil

Dugaan hamil adalah prasangka bahwa seorang perempuan tengah hamil atau mengandung. Banyak hal yang bisa menjadi indikasi timbulnya prasangka tersebut.  Bisa jadi dimulai dari  masa haid yang tak kunjung datang  (terlambat haid), pembesaran pada payudara (payudara terasa lebih kencang, sensitif,  atau terasa sakit), mual dan muntah, mudah lelah, sensasi adanya gerakan bayi di perut, gangguan buang air kecil, dan sebagainya. Secara umum, semua tanda-tanda di atas memang sering terjadi dan dirasakan oleh perempuan yang sedang hamil.

Pilihan Editor:

2.Mungkin Hamil

Setelah tanda dugaan telah dirasakan ibu hamil, tanda berikutnya adalah  mungkin hamil. Beberapa tanda yang menunjukkan kemungkinan seorang perempuan tengah hamil adalah terjadi pembesaran pada perut ditambah dengan hasil tes kehamilan positif (jika hasil tespack telah positif,  dianjurkan segera mengunjungi dokter untuk memastikan kondisi kandungan dan memastikan apakah kehamilan memang terjadi atau tidak).

3.Pasti Hamil

Seorang perempuan dipastikan hamil ketika ia telah  dapat mendengar denyut jantung janin serta melihat janin atau embrio pada saat pemeriksaan ultrasonografi  atau USG . Mengapa harus menunggu hingga tahap ini? Karena, jika baru kantung janin saja yang terbentuk,  sebuah kehamilan belum dapat  dipastikan.  Pada kasus hamil kosong atau blighted ovum,  yang terjadi hanyalah  kantung janin saja yang berkembang, tetapi janin tidak dapat berkembang.

Demikianlah hal-hal yang harus diperhatikan oleh seorang perempuan. Dengan memperhatikan ketiga tanda di atas, diharapkan seorang perempuan tidak lagi salah menilai kondisi dirinya. Namun, yang paling baik dan untuk menepis semua keraguan, apakah sedang hamil atau tidak, segeralah berkunjung ke dokter. Dengan demikian, ia bisa mengantisipasi segala sesuatunya.

Jika benar hamil, semoga diberi kelancaran dan kemudahan selama masa kehamilan dan saat melahirkan nanti. Semoga ibu dan bayi selamat dan  senantiasa dalam keadaan sehat. Adapun, jika ternyata tidak hamil, semoga selalu diberi kesabaran dan keikhlasan. Satu yang pasti,  jangan pernah berhenti untuk berdoa dan memohon pada Allah Subhanahu wata’ala. Bukankah Allah Subhanahu wata’ala Maha Mengabulkan doa hamba-hamba-Nya yang meminta dengan ikhlas dan penuh harap?

Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here