Pada saat lahir, bayi perlu beradaptasi dengan berbagai hal baru. Tentu saja, kondisi saat masih berada di dalam rahim dengan kondisi di luar rahim sangatlah berbeda. Oleh karena itu, diperlukan penanganan khusus dan lebih terkontrol.

Kondisi seorang  bayi juga harus dijaga sedemikian rupa agar ia senantiasa merasa nyaman dan aman. Untuk itu, orang tua harus memerhatikan kondisi dan hal apa saja yang sekiranya akan membuat  bayi merasa tidak nyaman. Salah satunya adalah saat bayi sedang tidur.

Tahukah kita kalau ternyata ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat bayi sedang tidur. Bagi sebagian orang tua, terutama yang baru memiliki anak, terkadang mereka mengabaikan beberapa hal saat bayi sedang tidur. Hal-hal tersebut di antaranya adalah:

  • Langsung Menggendong Ketika Bayi Menangis

Menangis merupakan salah satu cara bayi berkomunikasi. Namun, bukan hanya itu fungsi menangis pada bayi. Seorang bayi yang menangis juga merupakan caranya untuk menenangkan diri.

Secara naluri, setiap kali mendapati bayi menangis, orang tua akan langsung menggendongnya. Namun, ternyata hal ini merupakan hal yang tidak dianjurkan. Ketika bayi menangis, biarkan beberapa saat (tidak lebih dari lima menit). Tunggulah, jika tangisan tidak mereda, barulah menggendong bayi tersebut.

Pilihan baetunaa

Ketika akan dipindahkan, misalnya dari stroller atau mobil,  bayi yang sedang tidur tidak perlu dibangunkan. Biarkan bayi tetap dalam tidurnya. Untuk itu angkat atau gendong bayi dengan pelan dan segera pindahkan ke tempat yang diinginkan.

Membangunkan bayi yang sedang nyenyak, akan membuat kualitas tidurnya terganggu. Bayi  pun akan merasa tidak nyaman, sehingga   akhirnya rewel. Jika sudah begini, tentu orang tua juga yang akan terganggu.

  • Memberikan Empeng Sebelum Tidur

Para sebagian orang tua, ada yang  terbiasa memberikan empeng sebelum bayinya tidur. Hal ini dilakukan dengan maksud agar bayi dapat tertidur dengan cepat. Jika hal ini  terus menerus dilakukan, dapat  akan menjadi satu kebiasaan. Akibatnya, bayi akan mengalami ketergantungan. Jika suatu saat empengnya tidak ada, bayi akan rewel dan susah untuk ditidurkan.

  • Menimang atau Memindahkan Bayi ke Stroller

Sebelum tidur,  jangan membiasakan bayi ditimang atau dipindahkan ke ayunan atau stroller. Kebiasaan ini akan membuat bayi terbiasa dengan “gerakan” yang membuatnya merasa nyaman dan mudah tidur.H ini juga akan membuat bayi mengalami ketergantungan. Untuk itu, biasakan bayi terlelap dengan sendirinya di tempat tidur.

Setelah membaca pembahasan di atas, adakah hal-hal yang biasa ibu lakukan ketika bayi tidur? Jika ada, yuk, ubah kebiasaan tersebut mulai dari sekarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here