Jenis Makanan yang Sangat Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

0
119

Anak-anak, terutama balita sangat membutuhkan makanan yang baik untuk membantu tumbuh kembangnya menjadi lebih optimal. Karenanya, pemberian makanan yang mengandung nutrisi yang lengkap harus menjadi perhatian para orang tua. Kegagalan memberikan makanan yang bergizi tinggi di masa ini dapat berpengaruh pada tumbuh kembang maupun kecerdasan anak-anak kelak. 

Untuk mengantisipasi hal tersebut, setiap orang tua harus memperhatikan asupan makanan harian yang dikonsumsi anak. Tentu saja, tidak semua jenis makanan baik untuk diberikan dan dikonsumsi anak. Ada jenis-jenis makanan tertentu yang justru harus dihindarkan dari anak.

Nah, agar tidak salah dalam pemberian jenis makanan yang tepat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya senantiasa ada dalam  menu harian anak.  Beberapa di antaranya adalah:

1. Sumber Makanan Karbohidrat

Salah satu jenis atau kelompok  makanan yang harus ada dalam menu harian anak adalah makanan yang  mengandung karbohidrat. Seperti kita ketahui, karbohidrat bermanfaat untuk  meningkatkan tenaga dan energi. Selain itu,  juga mengandung nutrisi dan serat yang dikenal baik untuk membantu proses pertumbuhan. Beberapa  jenis makanan yang mengandung kabohidrat yang kerap kita temui, antara lain roti, gandum, sereal, dan nasi.

Pilihan Editor

2. Sayur-sayuran dan Buah-buahan

Tak jarang kita dapati, sebagian anak yang tidak menyukai sayur dan buah hadir dalam menu hariannya. Pada beberapa keadaan, hal ini terjadi karena kurangnya pembiasaan dari orang tua. Sejak kecil, anak-anak tidak dibiasakan mengonsumsi sayur dan buah dan ebetulan orang tuanya juga tidak menyukainya. Akibat ketidaksukaan ini pun menular pada anak-anaknya. Oleh karena itu, upayakan sejak dini telah mengenalkan dan mengakrabkan anak pada buah dan sayuran.

Sayur dan buah memang mengandung manfaat yang sangat banyak. Tidak hanya untuk orang dewasa, tetapi juga untuk anak-anak. Pada anak,  kandungan vitamin, serat, dan mineral yang ada pada buah dan sayur merupakan nutrisi yang berperan penting dalam pertumbuhan mereka.

3. Susu

Susu maupun produk olahannya juga merupakan salah satu nutrisi harian yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Kandungan kalsium pada susu atau produk olahan susu lainnya merupakan sumber utama dalam pertumbuhan serta kesehatan tulang dan gigi balita. Selain itu, produk olahan susu biasanya dilengkapi dengan vitamin A yang dapat membantu tubuh melawan infeksi.

Tentu saja, bukan hanya tiga jenis makanan ini yang dibutuhkan oleh anak. Selain ketiga kelompok jenis makanan yang harus anak konsumsi setiap harinya di atas, orang tua juga bisa memberikan jenis makanan yang lain. Beberapa di antaranya adalah jenis makanan dengan kandungan protein yang tinggi, seperti daging, kacang-kacangan, telur dan ikan.

Demikianlah beberapa jenis makanan yang sangat baik dikonsumsi oleh anak. Dengan memastikan bahwa asupan makanan yang dikonsumsi anak sudah lengkap, diharapkan jika tumbuh kembang balita akan berjalan dengan optimal. Anak juga mempunyai tubuh yang kuat sehingga tidak gampang diserang penyakit. Dan, yang tak kalah pentingnya adalah kecerdasan anak juga menjadi lebih optimal.

Jadi, jangan lupa. Lengkapi selalu gizi harian anak-anak kita di rumah. Dengan demikian, anak-anak Indonesia akan menjadi generasi yang hebat di masa mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here