Lakukan Semua Persiapan Ini Agar Persalinan Berlangsung Lebih Tenang dan Lancar

0
79

Persalinan atau melahirkan adalah momen yang sangat dinantikan, baik oleh ibu, ayah, serta keluarga besar lainnya. Setelah sembilan bulan sepuluh hari berada dalam rahim sang bunda, akan segera tiba saatnya si calon bayi bertemu dengan keluarga yang sangat mencintainya. Momen yang sangat ditunggu-tunggu.

Tak heran, bila semakin mendekati hari perkiraan lahir (HPL), semua  merasa lebih tertekan. Hari demi hari terasa berjalan lebih lambat dari biasanya. Belum lagi rasa gelisah serta was-was yang kerap hadir, akan semakin merisaukan para ibu hamil, terutama bagi yang baru pertama kali akan melahirkan.

Beberapa ibu hamil juga  seringkali kebingungan memikirkan apa saja yang harus dipersiapkan mendekati hari persalinan. Bahkan, seringkali dilanda stress sendiri karena khawatir persiapan kurang tepat ataupun persiapan melahirkan ada yang terlewati.

Sebenarnya, hal tersebut dapat sedikit diatasi dengan mempersiapkan segala hal.  Jangan lupa untuk senantiasa memanjatkan doa kepada Allah Subhanahu wata’ala agar semuanya dipermudah dan dilancarkan. Kelak, ibu dan bayi selamat serta sehat walafiat.

Secara umum, proses melahirkan akan melalui dua cara, yakni persalinan normal dan secara caesar.  Bagi calon ibu yang akan melahirkan secara normal, hendaknya mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan proses melahirkannya nanti. Di antaranya  kesiapan mental, latihan yang kelak akan mendukung ketahanan fisik, mengatur pernapasan,  dan yang tak boleh dilupakan adalah latihan mengejan. Semua ini dibutuhkan agar  proses melahirkan nanti dapat berjalan lancar. Selain itu,  riwayat kesehatan ibu hamil juga harus dicek dan diperhatikan sebagai bahan  pertimbangan sebelum melakukan persalinan normal.

Adapun persalinan secara bedah caesar biasanya akan dilakukan ketika persalinan  normal tidak dapat dilakukan. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, di antaranya   adanya faktor risiko dan komplikasi medis, baik pada kesehatan ibu hamil ataupun kondisi janin. Jadi, apabila ditemukan kondisi yang kurang mendukung dalam persalinan normal maka dokter  akan menyarankan untuk dilakukan operasi caesar.

Nah, agar persalinan bisa berjalan lancar, berikut  beberapa cara mengelola diri agar ibu hamil siap  menjelang persalinan.

1.Persiapan Mental

Persiapan mental akan pilihan metode persalinan yang tepat biasanya  sangat membantu mengusir rasa cemas dan khawatir ibu hamil. Dengan mengetahui metode persalinan yang akan dijalani, ibu hamil telah mengetahui  dengan baik apa-apa saja yang akan dihadapinya sehingga bisa mencari cara mengantisipasinya. Hal ini akan membuatnya lebih tenang sehingga proses persalinan dapat berjalan lebih lancar. Mempersiapkan mental dengan mengelola rasa stress dan khawatir yang berlebih juga akan menjadi sebuah proses yang membahagiakan untuk menyambut buah hati.

Jangan lupa, untuk banyak-banyak berdoa. Mohonlah pada Sang Maha Kuasa agar semua proses yang harus dilalui dipermudah dan dilancarkan. Bukankah kekuatan doa adalah senjata yang paling utama?

2.Memilih Tempat Persalinan yang Tepat

Ada banyak pilihan tempat melahirkan yang bisa menjadi alternatif, mulai dari klinik bersalin hingga rumah sakit khusus ibu dan anak.  Pencarian  tempat bersalin yang tepat dapat dilakukan jauh hari sebelumnya dengan cara mencari informasi dari berbagai pihak. Bisa dari keluarga, kerabat, ataupun kenalan.

Jangan lupa, perhatikan juga masalah jarak tempuh. Pilihlah yang terdekat agar sewaktu-waktu, ketika ibu hamil telah siap untuk melahirkan, bisa segera dibawa ke tempat bersalin tersebut.  Dan, yang paling penting, perhitungkan bujet dengan seksama. Jangan sampai, urusan ibu menjadi berkepanjangan karena belum bisa menyelesaikan biaya-biaya yang harus dikeluarkan sementara waktu rawat inap sudah habis.

3. Menyiapkan Perlengkapan Ibu dan Bayi

Menjelang HPL, siapkan semua perlengkapan ibu dan bayi dalam satu tas besar. Pastikan, semua kebutuhan ibu dan bayi lengkap di dalamnya. Jadi, ketika tanda-tanda melahirkan sudah muncul, keluarga bisa langsung membawa tas tersebut ke klinik atau rumah sakit.

Demikianlah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para ibu hamil. Semoga dengan persiapan fisik serta mental yang matang, proses melahirkan ibu berjalan lancar. Ibu dan bayi pun lahir selamat dan sehat.

Semoga bermanfaat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here