Berlibur bersama keluarga tentunya merupakan satu hal yang sangat menyenangkan. Menjauh sejenak dari rutinitas harian yang kadang membosankan bersama orang-orang terkasih menjadi hal yang dinanti-nantikan. Sayangnya, banyak kendala yang membuat liburan tersebut sulit terwujud. Salah satunya adalah tingginya bujet yang harus dikeluarkan. Padahal, jika ingin liburan hemat bareng keluarga juga bisa kok. Tentu saja, asal tahu rahasianya.

Salah satu yang membuat pengeluaran membengkak saat liburan adalah penginapan. Namun, tahukah Sahabat bahwa sebenarnya bujet untuk penginapan bisa ditekan, lho. Dengan bisa menekan pos pengeluaran untuk penginapan, diharapkan bujet liburan menjadi lebih rendah. Akhirnya, Sahabat pun bisa liburan bareng keluarga.

Lalu, apa sajakah rahasia agar bisa libur bareng keluarga tanpa menghabiskan biaya yang bikin bokek? Ini dia tips dan triknya.

1. Manfaatkan Aplikasi

Saat ini, keberadaan aplikasi pemesanan penginapan, baik berupa hotel, hostel, ataupun homestay sudah semakin banyak dan semakin luas jangkauannya. Dengan memanfaatkan aplikasi tersebut, Sahabat bisa lebih mudah menemukan penginapan yang sesuai dengan keinginan maupun bujet yang ada.

Selain itu, kehadiran aplikasi-aplikasi sejenis memungkinkan Sahabat membandingkan harga yang ditawarkan. Jangan salah, meski penginapan yang dituju sama, tetapi di beberapa aplikasi harganya bisa berbeda-beda. Jadi, jangan malas untuk searching, ya …

Pilihan Editor:

2. Lakukan Pemesanan Jauh Hari Sebelumnya 

Merencanakan sebuah liburan bersama keluarga tentu haruslah di-planning jauh-jauh hari sebelumnya. Hal ini disebabkan banyak yang harus dipertimbangkan, seperti waktu cuti, saat liburan anak-anak, dan sebagainya. Liburan hemat bareng keluarga

Kondisi ini di satu sisi cukup menguntungkan. Dengan demikian, Sahabat bisa mewujudkan liburan hemat bareng keluarga jauh-jauh hari sebelumnya. Dampaknya, harga penginapan juga bisa lebih murah dan kesempatan untuk mem-booking juga lebih besar.

3. Melakukan Negosiasi

Perlu Sahabat ketahui bahwa harga yang ditetapkan oleh beberapa penginapan sebenarnya bukanlah harga mati yang tidak bisa ditawar. Oleh karena itu, jangan ragu melakukan negosiasi untuk memperoleh harga yang lebih murah dari biasanya. Jika perlu, mintalah untuk berbicara dengan pihak manajer atau owner sekiranya bagian resepsionis mengatakan tidak memiliki otoritas untuk itu.

4. Manfaatkan Penawaran Khusus

Biasanya, beberapa penginapan memberikan penawaran khusus bagi para pelanggannya. Manfaatkan momen ini untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Pilihan Editor:

5. Pilihlah Penginapan di Pinggir Kota

Harga penginapan yang lebih mahal biasanya juga ditetapkan jika penginapan tersebut berada di tengah kota. Untuk menyiasati besarnya bujet penginapan, carilah tempat yang berada sedikit jauh dari pusat kota. Lalu bagaimana dengan transportasi? Hal ini sebenarnya tidak terlalu mengkhawatirkan mengingat saat ini fasilitas transportasi semakin mudah dijumpai di kota-kota besar.

Menikmati liburan bersama keluarga memang sangat menyenangkan dan semoga dengan menerapkan tips di atas, Sahabat dapat merasakan liburan  hemat bareng keluarga yang tak terlupakan. Selamat berlibur dan bersenang-senang bareng orang-orang terkasih.

Happy holiday.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here