Cara Cerdas Mengolah Makanan Sisa Menjadi Hidangan Nikmat dan Lezat

2
62

Dalam keseharian, terkadang ada saja makanan yang tersisa karena tidak dapat dihabiskan oleh anggota keluarga yang lain. Akibatnya, makanan pun terbuang percuma sehingga terjadi kemubasiran. Padahal, agama melarang untuk melakukan kemubasiran. Terlebih, bila teringat bahwa masih banyak saudara-saudara yang lain yang kekurangan makanan sehingga rasanya tak layak jika  di sini malah membuang-buang makanan.

Oleh karena itu, sebaiknya sebelum memasak diperkirakan terlebih dahulu berapa orang yang akan makan sehingga jumlah bahan makanan yang dimasak tidak terlalu jauh meleset. Namun, terkadang hal ini memang tidak bisa dihindari. Ada kalanya, makanan yang telah disiapkan tidak habis sehingga masih banyak yang tersisa.

Lalu bagaimana mengatasi hal seperti ini? Tentu saja, membuang makanan bukanlah keputusan yang baik, kecuali memang sudah tidak ada lagi jalan keluar. Masih ada cara yang dapat dilakukan agar makanan tersebut tidak mubasir. Caranya adalah dengan mengolah kembali makanan tersebut menjadi sesuatu yang berbeda.

Nah, berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan terhadap makanan-makanan sisa.

1.Sisa Makanan Gorengan

Sisa makanan gorengan seperti sisa tempe goreng maupun ayam goreng dapat Anda jadikan sajian yang praktis dan mudah. Caranya yaitu dengan menjadikannya sambal goreng tempe atau sambal ayam goreng. Biar lebih sedap, tambahkan daun jeruk purut agar hidangan sambal goreng atau ayam goreng menjadi lebih segar.

Pilihan Editor

2.Sisa Makanan Berkuah

Kebiasaan membuang makanan berkuah seperti sup tidak jarang dilakukan. Namun, masih ada langkah untuk menyelamatkannya dan mengolahnya menjadi sajian yang berbeda.  Caranya, buang air kaldu yang ada dan cuci isinya hingga bersih. Setelah itu  tumis dengan menambahkan saos tomat dan gula agar rasa menjadi lebih gurih.

3.Sisa Makanan Lunak

Sisa makanan lunak seperti sereal sebaiknya tidak buru-buru dibuang. Makanan lunak ini masih  dapat diolah kembali dengan menjadikannya puding sereal. Sebagai penambah rasa,  padukan dengan susu kental dan toping keju.  Hm, tentu semakin nikmat menjadi  teman santap siang.

4.Sisa Potongan Roti dan Buah

Tidak jarang, sisa roti atau buah di lemari atau di kulkas dibuang karena bosan dengan sajian yang ada. Namun,  sisa roti atau buah ini masih dapat diracik menjadi sesuatu yang berbeda. Bisa dibuat menjadi puding roti atau puding buah yang dapat menjadi alternatif hidangan lezat dan dapat dinikmati seluruh anggota keluarga.

Ternyata, hanya diperlukan kecerdasan dan kreativitas untuk mengubah makanan sisa menjadi sesuatu yang tak kalah menarik dan lezat. Jadi, mulai sekarang stop mubasir dan maksimalkan segalanya sebelum harus berakhir di tempat sampah.

Semoga bermanfaat dan yuk jadi ibu yang cerdas dan kreatif.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here