5 Tips Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba

0
69

Sahabat Baetunaa

Musim pancaroba seperti saat ini sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh. Musim pancaroba adalah peralihan musim antara musim kemarau dan musim hujan. Kondisi di musim ini ditandai dengan keadaan udara yang tidak menentu, curah angin yang  besar, dan sebagainya.

Dengan kondisi seperti di atas, tak heran bila banyak orang yang “drop“. Banyak yang tumbang karena sakit. Oleh karena itu, Sahabat perlu menjaga kondisi tubuh supaya tetap sehat dan tidak mudah sakit.

Nah, agar bisa tetap prima di musim pancaroba ini, yuk, ikuti tips-tips di bawah ini.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Tidak ada yang meragukan khasiat air putih bagi kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan khasiatnya yang maksimal, tubuh Sahabat perlu sekitar 8 gelas air putih per hari. Bila tercukupi,  tubuh akan terhidrasi dengan baik. Hal ini penting untuk menjaga tubuh tetap sehat selama musim pancaroba. Jadi, jangan lupa bawa botol air putih ke mana pun Sahabat pergi, ya.

Pilihan Editor:

2. Mencuci Tangan

Nah, hal yang satu ini sangat penting, tetapi sering kali disepelekan. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dapat mencegah masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh. Oleh karena itu, cucilah tangan sebelum dan sesudah makan, setelah dari toilet, setelah memegang hewan, setelah dari luar rumah, dan berbagai kegiatan lainnya.

3. Cukup Istirahat 

Hindari begadang dan aktivitas berlebihan selama musim pancaroba. Tubuh dan pikiran Sahabat jelas membutuhkan istirahat. Waktu istirahat yang normal bagi orang dewasa adalah 4-6 jam per harinya. Istirahat  yang cukup akan membuat tubuh Sahabat tetap fit selama musim pancaroba ini.

4. Olahraga

Meski kadang terasa berat dijalankan, tetapi olahraga tetap harus dilakukan. Lakukan kegiatan ini minimal 30 menit per harinya supaya tubuh Sahabat tetap bugar dan tidak mudah sakit.

5. Perhatikan Kebersihan Dapur

 

Selain makanan yang bergizi, perhatikan juga kebersihan dapur Sahabat. Hal ini penting, mengingat semua proses penyajian makanan terjadi di sana. Jaga kebersihan alat-alat masak untuk menghindari penumpukan bakteri. Tak lupa, tentu saja untuk menjaga kebersihan bahan-bahan makanan.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa Sahabat lakukan untuk menjaga kesehatan di musim pancaroba. Selamat mencoba dan semoga sehat selalu, ya, Sahabat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here