Menumbuhkan semangat belajar anak merupakan sesuatu yang harus dilakukan para orang tua sejak anak berusia dini. Hal ini dimaksudkan agar kelak si anak menyukai dan mencintai dunia belajar. Tentu saja, semangat belajar tersebut dipicu menyesuaikan dengan umur dan perkembangan anak. Belajar tidak melulu harus dengan membaca text book, tetapi kegiatan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, sambil bermain, misalnya.

Dengan cara bermain sambil belajar, tentu akan sangat disukai anak. Tanpa sadar, ilmu pengetahuan mereka telah bertambah sementara waktu bermain mereka tidak terenggut. Dengan demikian, orang tua dan anak dapat merasakan manfaat yang lebih baik.

Lalu, bagaimanakah cara  memicu semangat belajar anak? Berikut 3 hal mendasar yang harus diperhatikan para orang tua untuk menumbuhkan semangat belajar anak.

1. Jelaskan Manfaatnya untuk Menumbuhkan Semangat Belajar Anak

Hal yang pertama yang harus Sahabat lakukan adalah memberikan penjelasan akan manfaat dari belajar. Sahabat bisa melakukannya  melalui percakapan ringan, seperti  menanyakan cita-cita anak. Setelah anak mengutarakan cita-citanya, Sahabat kemudian bisa  menjelaskan bahwa untuk mencapai cita-cita tersebut si anak  harus rajin belajar. Anak pun akan paham bahwa belajar itu penting untuk masa depannya.

Pilihan Editor:

2. Terapkan Jam Belajar

Langkah berikutnya adalah menentukan jam belajar anak. Cara ini juga sekaligus dapat melatih kedisiplinan anak.  Akhrinya nanti, anak akan belajar tanpa harus diperintah atau disuruh terlebih dahulu.

Cara menerapkan jam belajar ini  adalah orang tua tidak mengadakan kegiatan  lain selain belajar.  Jadi, jauhkan anak dari kegiatan atau suasana yang bisa mengalihkan perhatian dan konsesntrasinya. Hal ini mungkin akan sulit di awal, tetapi dengan konsistensi, anak akan terbiasa dan menjadi disiplin untuk belajar.

3. Berikan Reward untuk Menumbuhkan Semangat Belajar Anak

Pada dasarnya anak-anak suka sekali bila mendapatkan  reward atau hadiah. Dengan memberikan reward kepada anak saat ia mendapat nilai bagus akan memicunya untuk terus berusaha mendapatkan nilai yang bagus. Namun, Sahabat juga harus tetap menjelaskan tentang pentingnya belajar agar anak juga paham melalui belajar ada banyak hal yang bisa ia dapatkan. Jadi, bukan sekadar untuk mengejar reward semata.

Pilihan Editor:

Pada intinya, Sahabat Baetunaa sebagai orang tua jangan pernah lelah dan bosan  mendampingi dan membimbing anak  dalam belajar  dengan terus berupaya menumbuhkan semangat belajar anak. Dengan semangat belajar yang  dimilikinya, anak telah memiliki sebagian modal untuk sukses di masa depannya.

Semangat ya, Sahabat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here