Hai, Sahabat Baetunaa

Kehadiran seorang anak adalah suatu anugerah yang tak ternilai bagi para orang tua, terlebih bagi pasangan yang telah menikah sekian lama.  Setelah  memiliki anak, orang tua akan melakukan banyak hal untuk menjaga buah hati mereka agar  tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas.

Salah satu upaya yang dilakukan para orang tua untuk anak-anaknya adalah memberikan makanan yang terbaik. Pemberian makanan terbaik untuk anak dimulai sedini mungkin. Dengan memberikan ASI ekslusif selama 6 bulan yang kemudian diikuti dengan pemberian makanan pendamping (MP) ASI.

Alhamdulillah, seiring dengan perkembangan teknologi, para ibu muda tidak perlu khawatir saat ingin memberikan MP ASI untuk buah hatinya, termasuk para ibu pekerja. Bahkan, hanya lewat ponsel, para ibu bisa searching dan menemukan berbagai resep maupun tips menyajikan MP ASi yang baik.

Kemajuan teknologi juga membuat banyak kemudahan. Salah satunya adalah kemudahan mendapatkan makanan pendamping ASI yang dijual di luar rumah. Namun, jika Sahabat sebagai ibu pekerja lebih menyukai membuat sendiri MPASI, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal-hal tersebut di antaranya adalah:

  1. Pastikan Bahan Selalu Siap

Selalu pastikan ketersediaan  bahan makanan, seperti buah-buahan atau sayur-sayuran. yang tidak perlu dimasak. Dengan demikian, bahan makanan si kecil  selalu siap saji dan siap pakai. Beberapa di antara jenis buah-buahan tersebut adalah pisang, alpukat, atau pir matang.

Pilihan Editor:

2. Luangkan Waktu

Meskipun sibuk bekerja, Sahabat jangan pernah lupa untuk meluangkan waktu mengupas, memotong, dan memasak bahan-bahan makanan pendamping tersebut. Selanjutnya, Sahabat  dapat menyimpannya dalam kondisi beku dan disimpan dalam kemasan kecil untuk sekali makan. Jadi, saat penyajiannya, Sahabat hanya tinggal merendam bahan-bahan makanan yang masih dibungkus tersebut di air hangat. Setelah itu,  campur ke mangkuk makan bayi.

Pekerjaan ini dapat Sahabat lakukan saat sedang sibuk di dapur. Sembari menyiapkan makanan untuk anggota keluarga, Sahabat juga bisa   menyempatkan waktu untuk mengukus buah atau sayuran untuk si kecil.  Jadi, tidak hanya anggota keluarga yang sudah besar saja diperhatikan asupannya, tetapi si kecil juga mendapatkan perhatian yang sama.

3. Tak Ada Salahnya Membeli di Pasaran

 

Meski makanan buatan sendiri lebih terjamin kebersihan dan kandungannya, tetapi tak ada salahnya sesekali membeli makanan pendamping ASI yang ada di pasaran. Apalagi, jika Sahabat sedang sibuk sehingga tidak mempunyai waktu yang banyak untuk menyiapkan makanan buatan sendiri.

Untuk itu, pastikan komposisi kandungan makanan pendamping ASI yang dijual di pasaran tersebut. Jangan malas membaca apa pun yang tercantum pada kemasan makanan agar nantinya tidak salah beli dan tentunya akan berujung pada penyesalan.

Demikianlah beberapa hal yang harus diperhatikan para ibu pekerja yang ingin menyiapkan sendiri makanan pendamping ASI untuk buah hati tercinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here