Ingin Si Kecil Terhindar dari Alergi? Kenali 4 Penyebabnya

0
19
Kondisi rumah maupun lingkungan yang kurang sehat seringkali berdampak buruk pada kesehatan anggota keluarga, terutama anak-anak yang masih kecil. Salah satunya adalah timbulnya alergi  pada si kecil. Jika ingin si kecil terhindar dari alergi? Kenali 4 penyebabnya terlebih dahulu, sebagaimana yang akan dipaparkan di artikel ini.
Tidak sedikit buah hati kita yang terserang bersin yang tak sembuh-sembuh. Bersin dalam rentang waktu yang panjang ini dikenal sebagai alergi hidung atau rinitis alergi. Umumnya, alergi hidung kerap terjadi pada orang dewasa, tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi juga pada anak-anak.
Menurut beberapa sumber, tanda-tanda dari alergi hidung atau rinitis alergi ini adalah  hidung berair atau tersumbat, bersin-bersin, mata gatal atau berair, serta kelelahan yang diiringi dengan batuk.
Berikut 4 Penyebab alergi hidung ini.

1. Paparan Asap Rokok

Sudah menjadi rahasia umum bahwa asap rokok dapat merusak kesehatan, termasuk dapat menimbulkan alergi hidung. Oleh karena itu, sebisa mungkin, jauhkan aktivitas anak  dari paparan  asap rokok dan sebisa mungkin ciptakan lingkungan sekitar anak yang bersih dari bau yang ditinggalkan asap rokok.
Pilihan Editor:

2. Debu

Ada baiknya, sahabat baetunaa senantiasa memerhatikan kebersihan tempat bermain atau aktivitas anak. Hal ini bertujuan untuk menjauhkan anak dari terhisap debu yang berlebihan sehingga mengakibatkan alergi hidung. Kuncinya adalah dengan menjaga kebersihan rumah dan area yang biasa didatangi anak agar tidak menimbulkan alergi hidung.

3. Rumah Tidak Terpapar Matahari

Tak jarang, kita dapati lingkungan rumah yang tidak dilengkapi pencahayaan dari luar yang cukup. Rumah tersebut  kurang mendapat cahaya matahari dan tidak ada ventilasi yang memadai. Akibatnya,  ruangan menjadi lembab dan berdebu.
Oleh karena itu, aturlah sedemikian rupa agar rumah cukup mendapatkan sinar matahari dan sirkulasi udara berjalan dengan baik.

4. Binatang Peliharaan

Terserang alergi hidung dapat terjadi dengan mudah apabila aktivitas anak berada di sekitar binatang peliharaan. Untuk menghindarinya, upayakan agar binatang peliharaan mempunyai tempat atau kandang sendiri yang tidak menyatu dengan rumah.
Terjadinya peradangan atau iritasi pada hidung akibat atau rhinitis  sebaiknya tidak  dianggap remeh. Jika terus dibiarkan,  dapat terjadi kerusakan pada saluran pernapasan dan menimbulkan penyakit hidung lainnya yang berbahaya bagi kesehatan.
Nah, mulai sekarang jauhi pemicunya agar hidup Sahabat baetunaa semakin indah dan sehat, tentunya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here