Bau badan berlebih tidak saja menganggu indera penciuman, tetapi juga bisa membawa banyak dampak buruk. Nah, jika Sahabat ada yang bermasalah dengan bau badan, yuk,  singkirkan masalah bau badan dengan 3 daun mujarab yang akan disebutkan satu per satu.

Bau badan selain menganggu, juga bisa menjadikan pemiliknya merasa kurang percaya diri. Akibatnya, ia lebih memilih untuk menarik diri dari  pergaulan. Kurangnya rasa percaya diri juga dapat menghambat seseorang mengembangkan potensi dirinya sehingga ia hanya terkungkung di dunianya sendiri.

Tentu saja, tak ada yang menginginkan hal seperti ini terjadi. Namun, jika si bau badan telah melekat, bukan berarti ia tidak dapat diusir menjauh dari badan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengusirnya, bisa dengan menggunakan cara-cara modern atau tradisional.

Nah, salah satu cara tradisonal yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan 3 jenis daun yang telah terbukti ampuh menyingkirkan masalah bau badan tersebut. Apa sajakah ketiga jenis daun tersebut? Berikut uraiannya.

1. Daun Sirih 

Daun sirih sudah lama terkenal dengan berbagai khasiatnya. Salah satu khasiat daun sirih adalah sebagai antiseptic yang mampu untuk menyingkirkan masalah bau badan yang tidak sedap. Kandungan daun sirih di antaranya adalah  senyawa minyak atsiri, flavonoid, alkaloid, tanin, dan senyawa polifenolat.

Menyingkirkan bau badan dengan daun sirih dapat dilakukan dengan beberapa cara. Bisa dengan merebus lalu meminum airnya, menggunakan air rebusan daun sirih untuk mandi, atau langsung mengaplikasikan remasan daun sirih yang digosokkan pada ketiak.

Pilihan Editor:

2. Daun Bluntas 

Sumber Gambar; senisehat.com

Daun bluntas  biasanya digunakan sebagai tanaman pagar. Ciri khas daun bluntas adalah  ukurannya kecil, berbetuk bulat atau agak lonjong,  dan rasanya yang pahit/getir dengan bau yang langu. Seperti bunganya, daun bluntas juga mengandung alkali yang dapat berfungsi sebagai antiseptik yang ampuh untuk menyingkirkan masalah bau badan yang tidak sedap.

Adapun penggunaan daun bluntas sebagai pembasmi bau badan dapat dilakukan dengan dua cara, sebagai pengobatan dalam dan luar. Daun bluntas sebagai pengobatan dalam dapat dilakukan dengan menjadikan daun ini sebagai lalapan ataupun meminum air rebusannya. Sementara untuk pengobatan luar, daun bluntas dapat diaplikasikan dengan cara ditumbuk atau diremas-remas lalu diusapkan ke ketiak sebagaimana penggunaan deodoran.

Pilihan Editor:

3. Daun Kemangi 

Sumber Gambar: Tribunnews.com

Daun kemangi dikenal sebagai salah satu lalapan mentah dan sering disajikan sebagai pelengkap masakan. Daun kemangi yang memiliki aroma  wangi ini ternyata juga mengandung antiseptik. Jadi, daun kemangi juga ampuh mengatasi masalah bau badan yang membandel.

Cara penggunaan daun kemangi sebagai penangkal bau badan cukuplah mudah. Sahabat tinggal mengonsumsinya sebagai lalapan mentah atau sebagai pelengkap saat makan ayam atau tempe/tahu penyet. Rasanya dijamin bikin segar dan wangi.

Ternyata, mudah saja menyingkirkan masalah bau badan  yang menganggu tersebut. Jadi, mulai sekarang, tak ada alasan untuk menjadi makhluk berbau busuk lagi. Yuk, menjadi lebih bersih dan sehat, sesuai anjuran agama dan bisa tampil lebih percaya diri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here