Tips Pesta Pernikahan yang Hemat dan Berkesan

0
94

Pernikahan merupakan sebuah momen yang paling dinantikan oleh setiap orang. Menikah dengan orang yang dicintai dan disayangi. Berdua menapaki kehidupan berumah tangga dalam suka dan duka bersama.

Setiap orang pasti menginginkan pesta pernikahan menjadi momen indah sekali seumur hidup. Tak heran, bila kemudian  membuat banyak orang rela melakukan apa saja asalkan pernikahan tersebut berlangsung dengan penuh kesan. Hal ini yang menyebabkan sebagian orang lebih detail dalam mempersiapkan pesta pernikahan. Sayangnya, hal tersebut seringkali terkendala  dengan biaya yang mahal sementara bujet yang tersedia terbatas.

Untuk membuat pesta pernikahan yang berkesan, sebenarnya tidak selalu harus dengan biaya yang mahal. Anda bisa mendapatkan pernikahan yang berkesan, meskipun berlangsung secara sederhana. Hal tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya adalah dengan memperhatikan hal-hal berikut ini.

  • Diskusikan dengan Keluarga

Jika sudah menentukan tanggal pernikahan, segera diskusikan dengan pihak keluarga. Dalam hal ini Anda bisa jujur pada keluarga tentang anggaran yang dimiliki. Hal ini untuk membuka kemungkinan ada saudara atau keluarga yang ingin membantu biaya pernikahan yang akan diadakan.

Pilihan Editor

Buat daftar jenis dan harga barang yang dibutuhkan. Hal ini berguna untuk memudahkan Anda dalam memilah mana yang benar-benar bermanfaat dan mana yang bersifat pelengkap.

  • Manfaatkan Koneksi/Hubungan Baik

Tak jarang seseorang mempunyai kenalan atau kerabat yang bekerja di bagian yang berhubungan dengan pesta penikahan. Boleh jadi Anda mengenal seorang desaigner, owner Event?Wedding Organizer (EO), pengusaha katering, dan sebagainya.  Gunakan jasa dari orang-orang yang Anda kenal itu untuk menekan biaya pengeluaran, seperti fotografer, katering, pembuat undangan atau lokasi. Biasanya, ada harga khusus untuk keluarga, kerabat, maupun teman.

  • Tentukan Jumlah Undangan

Tentukan jumlah tamu undangan sesegera mungkin untuk memudahkan Anda dalam memperhitungkan besaran biaya katering. Jika tamu undangan hanya melibatkan keluarga dan sahabat terdekat, tentu Anda tidak perlu memesan katering dalam jumlah banyak.

  • Lakukan Pesta Pernikahan Hanya Satu Hari Saja

Tak jarang, kita menyaksikan pesata pernikahan yang dilangsungkan selama  beberapa hari. Tentu saja, acara seperti ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, lakukan berbagai macam prosesi pernikahan dalam satu hari saja agar biaya yang dikeluarkan bisa lebih dihemat. Anda bisa melakukan acara akad nikah dan resepsi dilakukan pada hari yang sama dengan jam yang berurutan untuk menghindari adanya biaya tak terduga.

  • Membeli Persiapan Penikahan Sejak Jauh Hari Sebelumnya

Belilah bahan-bahan pakaian untuk acara pesta pernikahan yang akan digunakan jauh-jauh hari sebelum acara tersebut berlangsung. Hindari membeli bahan menjelang hari-hari besar. Membeli bahan di momen ini  sudah bisa dipastikan akan membuat harga bahan melambung tinggi.

Selain beberapa tips di atas, Anda juga bisa mempersiapkan pernikahan dengan menggunakan wedding organizer. Bantuan wedding organizer akan memudahkan pasangan calon pengantin maupun keluarga dalam mengurus semua kebutuhan pernikahan. Percayakan pada wedding organizer karena mereka yang akan mengurus semuanya. Anda hanya perlu memberitahukan apa-apa saja yang menjadi keinginan keluarga besar kedua mempelai.

Satu hal yang perlu diingat, meskipun pernikahan ini hanya satu kali seumur hidup, ada baiknya jika dana yang akan digunakan untuk pernikahan diperhitungkan dengan sabaik-baiknya. Hal ini untuk menghindari terjadinya kemubaziran dan dana tersebut bisa lebih bermanfaat digunakan untuk keperluan yang lain.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here