Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aigepti betina. Nyamuk ini akan berkeliaran di sekitar kita. Seperti kita ketahui bahwa saat ini banyak sekali kasus penyakit demam berdarah. Bahkan, beberapa daerah sudah menetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

Tanda dan gejala demam berdarah dapat kita ketahui di antaranya adalah panas atau demam yang dimulai sejak 2 sampai 7 hari. Selain itu, juga terdapat tanda perdarahan, misalnya mimisan atau epistaksis, uji bendung positif, bab darah, dan muntah darah.

Selain tanda dan gejala yang sudah disebutkan di atas, diagnosa demam berdarah hendaklah dilengkapi dengan pemeriksaan laboratorium untuk menegakkannya. Jika menemui seseorang dengan gejala tersebut di atas, segeralah periksa ke petugas kesehatan untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Pencegahan demam berdarah sebenarnya sangat sederhana. Hal ini dapat dilakukan oleh setiap orang. Seperti kita ketahui bahwa langkah awal yang dilakukan bisa dengan kegiatan 4 M plus, yaitu menguras tempat air, mengubur barang bekas, menutup tempat penampungan air bersih, dan memantau.

Kegiatan 4M plus tersebut dapat ditambah dengan tidak menggantung baju bekas pakai, memelihara ikan pemakan jentik, menghindari gigitan nyamuk, dan membubuhkan abate. Dan, yang tak kalah penting adalah kebersihan lingkungan merupakan cara ampuh untuk mencegah deman berdarah.

Pilihan Editor:

Karenanya, lakukan kegiatan bersama, misalnya dengan para tetangga untuk menciptakan lingkungan sekitar yang bersih. Kegiatan bersama tersebut dapat dilakukan dengan menetapkan jadwal kerja bakti membersihkan lingkungan, minimal seminggu sekali sehingga sarang nyamuk tidak dapat berkembang biak .

Selain itu, dapat pula dengan membentuk satu rumah satu juru pemantau jentik yang dipercayakan pada salah satu anggota. Hal ini dilakukan agar kehadiran jentik nyamuk dapat terkontrol yang pada akhirnya dapat mencegah terjadinya penyakit demam berdarah.

Lalu, bagaimana bila ada salah seorang yang dicurigai terkena demam berdarah? Nah, sebelum dibawa ke rumah sakit ada baiknya melakukan beberapa langkah awal. Langkah-langkah tersebut adalah:

Perbanyak Minum Air Putih 

Pastikan untuk terus memberikan air putih pada penderita demam berdarah. Hal ini untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan agar panasnya tidak semakin tinggi.

Kompres atau Gunakan Obat Penurun Panas

Jangan lupa untuk mengompres penderita demam berdarah untuk menurunkan panasnya. Selain itu, bisa juga diberikan obat penurun panas.

Berikan Lebih Banyak Makanan Bergizi

Meski senantiasa menolak untuk makan, usahakan agar penderita tetap tercukupi gizinya. Gizi yang baik akan membuat penderita bisa cepat sembuh dan daya tahan tubuhnya bisa lebih kuat.

Demikianlah hal-hal sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah mewabahnya demam berdarah dan bagaimana penanganan mereka yang dicurigai terkena penyakit ini. Semoga hal sederhana tersebut  dapat mencegah semakin banyaknya  penderita akibat maraknya demam berdarah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here